1. Startup

Aplikasi Darisini Tambahkan Informasi Rute dan Tarif Perjalanan serta Pencarian Rute Busway

Aplikasi direktori lokal Darisini baru saja meningkatkan kemampuannya memandu pengguna dalam menjelajah kota. Lewat versi terbaru yang dirilis dengan versi 2.3.3 di App Store (baca juga: Aplikasi Darisini untuk versi Android telah ditarik), Darisini kini memiliki rute Busway Trans Jakarta dan Trans Jogja sebagai salah satu pilihan pencarian rute moda transportasi pengguna.

Bagi masyarakat kota Jakarta dan Yogyakarta, Busway memang telah menjadi salah satu alat transportasi masal yang berperan cukup vital. Rutenya yang sudah meluas dan menjangkau banyak titik lokasi tempat tujuan publik membuat kehadiran fitur baru dari aplikasi yang dikembangkan oleh developer lokal, Kakilangit ini jelas sangat membantu pengguna dalam mencari rute lokasi tujuan dengan Busway.

Untuk mengakses fitur rute Busway, pengguna cukup masuk ke dalam opsi kategori Transportation yang ditampilkan di halaman depan atau mengatur tampilan sub kategori yang bisa diaktifkan lewat menu pengaturan. Jika sudah masuk, pengguna bisa mencari berbagai pilihan rute halte Busway yang bisa dikurasi berdasarkan pencarian keyword maupun pencarian lokasi terdekat dari posisi pengguna.

Informasi yang disajikan cukup lengkap dan akurat. Selain bisa mencari halte Busway terdekat, fitur baru ini juga memberikan informasi rute halte yang ditampilkan secara detail lengkap dengan nomor koridor dan warna yang memudahkan pengguna dalam mencocokkan rute. Selain itu, menariknya informasi dan estimasi tarif perjalanan juga ditampilkan secara detail. Kehadiran fungsi ini tentu sangat bermanfaat bagi turis asing ataupun lokal yang belum familiar dengan transportasi Busway.

Untuk mendukung kemampuan hal tersebut, rupanya Darisini memanfaatkan layanan situs Transportumum.com sebagai sumber informasi terkait rute koridor Busway. Hal ini juga persis sama dilakukannya dalam menampilkan informasi rute KRL dengan mengambil informasi dari situs krl.co.id. Walau kami belum berkesempatan untuk mencobanya, semestinya fungsi yang sama juga bisa dilakukan bagi pengguna yang berada di kota Yogyakarta dalam mencari rute Busway Trans Jogja.

Secara keseluruhan, kehadiran fitur rute Busway jelas semakin melengkapi layanan Darisini yang semakin lengkap menghadirkan seluruh panduan direktori seluk beluk perkotaan, dengan begitu Darisini semakin kuat dalam bersaing dengan aplikasi lain yang serupa seperti misalnya IsiKota dan dan lain sebagainya.

Di sisi lain, kehadiran fitur baru ini juga bisa membuktikan bahwa pengembangan Darisini tidak stagnan. Seperti yang sempat beberapa kali kami beritakan, Darisini kerap hanya melakukan beberapa pembaruan "minor" seperti misalnya terakhir melakukan desain ulang untuk iOS 7 tanpa menyematkan fitur terbaru satu pun. Bahkan sebelumnya Darisini sempat berencana ingin mengembangkan fitur Augmented Reality yang hingga kini tampaknya tidak dilanjutkan perkembangannya. Semoga saja pada pembaruan-pembaruan yang akan datang aplikasi ini akan semakin inovatif, praktis, dan semakin berguna.

[ilustrasi foto: Flickr | Gen Kanai]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again