1. Lifestyle

Dark Souls II, Komparasi Visual Xbox 360 dan PlayStation 3

Persaingan fanboy console bisa dibilang sama tuanya dengan sejarah gaming itu sendiri, Nintendo melawan Sega, PS2 melawan Xbox, Xbox 360 versus PlayStation 3, kini PS4 melawan Xbox One. Grafis ialah salah satu faktor yang memicu persaingan tersebut, dan dalam artikel ini kita akan menjadi saksi versi Dark Souls II mana yang lebih baik: PS3 atau Xbox 360?

Komparasi ini sebenarnya cukup unik karena kita membandingkan performa mesin yang sudah berusia enam hingga tujuh tahun. Dalam mengerjakan Dark Souls II, developer FromSoftware telah memutuskan bahwa untuk saat ini game tersebut hanya akan dirilis di tiga platform: dua buah versi console last-gen, kemdian versi PC baru akan menyusul bulan depan.

Ini dia perbandingan grafis Dark Souls II di PlayStation 3 dan Xbox 360 hasil karya DigitalFoundry. Mereka melambatkan framerate permainan tersebut agar kita bisa melihat dengan seksama perbedaan teksturnya. Namun dengan begini, kita akan kesulitan menentukan versi mana yang berjalan paling lancar.

 

Info menarik: Blackphone, Smartphone yang Mengutamakan Privasi Telah Tersedia Untuk Dipesan

 

Dari komentar para pengguna YouTube dan penghuni internet, mereka setuju bahwa Darks Souls II versi Xbox 360 memiliki framerate yang lebih tinggi dibandingkan PlayStation 3, sayangnya terdapat screen tearing yang membuat mata cepat lelah. Alasan mengapa versi PS3 memiliki fps yang lebih rendah disebabkan karena terdapat fitur anti-screen tearing, yaitu vertical synchronization.

Pada dasarnya, kedua versi permainan ini tetap sama. Kekurangan dan kelebihan di tiap console tidak membuat yang satu lebih baik dari yang lain. Beberapa orang perpedapat bahwa tektur di PlayStation 3 lebih tajam, tapi setelah menyaksikan video komparasi ini selama beberapa kali, hampir tidak ada perbedaan di sisi tektur. Satu-satunya hal yang benar-benar bisa kita lihat di sana adalah screen tearing yang saya bahas di atas.

Sejujurnya akan lebih seru jika kita membandingkan visual PlayStation 4 dan Xbox One, tapi keputusan FromSoftware-lah untuk membatasi perilisan Dark Souls II di console last-gen. Mungkin karena mereka melihat potensi besar yang masih menanti di pasar platform lawas tersebut, tentunya ada puluhan juga orang di luar sana yang masih menikmati game dari PlayStation 3 dan Xbox 360.

Tentu saja, FromSoftware juga sedang mempersiapkan peluncuran Dark Souls II di PC sebagai 'hidangan utama'. Dark Souls II kini mendapatkan dukungan penuh Steamworks dan Anda sudah bisa membelinya sekarang juga agar dapat langsung memainkannya saat game tersebut dirilis tanggal 25 April.

Dari rata-rata skor di Metacritic, Dark Souls II diterima dengan sangat baik oleh gamer dan media. Dan berdasarkan informasi di IGN, semenjak dirilis tanggal 11 Maret lalu, terhitung dua juta gamer telah 'tewas' di tangan Dark Souls II - masing-masing satu juta orang di tiap console. Angka ini akan bertambah secara drastis dalam beberapa minggu ke depan...

Via Kotaku. Sumber gambar: DarkSoulsII.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again