3 September 2012

by wiku

Data dari Net Applications Menunjukkan Windows 7 Kini Jadi OS Paling Populer di Dunia

Predikat sistem operasi atau OS paling populer saat ini dipegang oleh Windows 7. Selama ini Windows XP menjadi OS desktop paling populer di dunia, namun sejak diluncurkan 3 tahun yang lalu Windows XP akhirnya mengambil alih posisi ini dan menjadi sistem operasi desktop paling popiler di dunia.

Data yang disusun oleh perusahaan web tracking Net Applications untuk bulan Agustus mengungkapkan bahwa pangsa pasar Windows 7 saat ini adalah 42,76% sedangkan Windows XP sebesar 42,5%. Meski demikian, data lain, yang diperoleh dari StatCounter mengatakan bahwa Windows 7 telah mengambil alih posisi paling populer hampir satu tahun lalu, dan menempatkan pangsa pasar OS ini lebih dari 50%.

Data lain tentang pangsa pasar sistem operasi desktop menyebutkan bahwa Mac OS X telah mengalahkan jumlah penggunaan Windows Vista. Sistem operasi dari Apple ini (versi 10.4 ke atas) menguasai 7,11% pangsa pasar sedangkan Windows Vista 6.1%.

Secara keseluruhan pangsa pasar yang dikuasai Windows sebesar 92%. Microsoft sendiri sedang bersiap merilis OS terbaru mereka Windows 8, yang menurut rencana akan dirilis beberapa bulan lagi. Meski demikian, versi pre-release telah disediakan dan menurut Net Applications memiliki pangsa pasar sebesar 0.23%.

Sumber: Cnet.