30 August 2012

by Amir Karimuddin

Samsung Rilis Ponsel Windows Phone 8 Pertama, Ativ S

Bukan Nokia yang pertama meluncurkan smartphone berbasis Windows Phone 8, melainkan Samsung. Produsen asal Korea ini meluncurkan seri Windows Phone 8 berbarengan dengan perkenalan Samsung Galaxy Note II yang berbasis Android di ajang IFA 2012. Diberi nama Ativ S, smartphone ini rencananya bakal diluncurkan di akhir Oktober. Ativ sendiri adalah seri generik untuk produk-produk Samsung yang berbasis Windows 8 dan Windows Phone 8. Selain smartphone, Ativ juga memiliki produk Smart PC dan tablet.

Ativ S sendiri memiliki layar yang cukup besar, 4.8 inci, dengan prosesor dual core 1.5 GHz dan RAM 1GB. Baterenya memiliki kapasitas 2300 mAh, menjanjikan daya hidup yang lebih lama. Bentuknya sendiri mengingat pada seri Samsung Windows Phone terdahulu, Samsung Focus S.

Peluncuran smartphone Windows Phone 8 pertama ini bakal diikuti oleh Nokia minggu depan. Blog resmi Windows Phone sendiri mengatakan bahwa Ativ S adalah yang pertama dari berbagai jenis smartphone berbasis Windows Phone 8 yang bakal hadir tahun ini.

Para produsen berlomba-lomba meluncurkan produknya sebelum Apple mengumumkan generasi iPhone selanjutnya yang rencananya bakal diumumkan tanggal 12 September.

Samsung sendiri sampai sekarang belum fokus untuk Windows Phone dan masih menitikberatkan ke ponsel-ponsel Android-nya. Meskipun demikian, hasil pengadilan yang berkaitan dengan kekalahan Samsung atas tuntutan Apple terhadap sejumlah seri Galaxy yang berbasis Android bisa saja mendorong Samsung untuk mencoba mengeksplorasi peluang Windows Phone lebih jauh.