Categories

Feature

Melihat Kehadiran Platform Data Exchange di Indonesia

Dapat membantu pemerintah tangani COVID-19

Ilham Sanjaya - 22 July 2020

Dalam menekuni transformasi digital, aspek data sharing dan data exchange adalah suatu hal yang penting bagi perusahaan. Melalui pertukaran data yang cepat dan juga real-time, perusahaan dapat menjalankan operasionalnya dengan lancar tanpa kesulitan mengakses data dari tempat yang berbeda. Selain itu, hal ini juga membuat perusahaan dapat melakukan analisis bisnis dengan cepat dan tepat secara terintegrasi. Tidak hanya perusahaan, pertukaran data yang cepat dan real-time tersebut juga dapat dimanfaatkan oleh instansi pemerintahan yang sedang menuju ke arah transformasi digital. Akses data ke instansi lain, pengumpulan data dan berkas secara digital, serta proses yang terotomatisasi secara real-time dapat dilakukan dengan menggunakan platform data exchange.

Akan tetapi, penting untuk memilih penyedia platform yang juga mampu menjamin keamanan dan kelancaran proses pertukaran data tersebut. Salah satu provider penyedia platform data exchange yang juga mulai hadir di Indonesia adalah Eightwire. Melalui platformnya, Eightwire memungkinkan pelanggan untuk secara aman menghubungkan sistem data mereka dengan berbagai pihak terkait, sehingga proses pertukaran data dapat dilakukan dengan mudah dan terotomatisasi.

Memilih Indonesia Sebagai Entry Point

Sebagai bentuk pengembangan bisnisnya, Eightwire memilih Indonesia sebagai entry point di pasar Asia. Hal ini dilakukan karena mereka melihat adanya banyak peluang dan juga ketertarikan dari perusahaan-perusahaan Indonesia untuk menggunakan platformnya. Selain itu, Eightwire juga melihat banyaknya transformasi digital yang kini sedang dilakukan di Indonesia.

Pemanfaatan platform data exchange ini diyakini dapat menghasilkan inovasi-inovasi baru dalam operasional perusahaan maupun pelayanan konsumen. Selain itu, platform ini dapat membantu pemerintah menciptakan ekosistem teknologi digital yang lebih baik di dalam pemerintahan, sehingga dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan kepada masyarakat sekaligus mendorong kemajuan transformasi digital di Indonesia.

Berpengalaman Membantu Pemerintah Selandia Baru Mengatasi COVID-19

Salah satu keunggulan yang telah dapat dilihat langsung manfaatnya adalah bagaimana platform yang disediakan oleh Eightwire berpartisipasi dalam penanganan COVID-19 di Selandia Baru. Melalui platformnya, pemerintah Selandia Baru dapat mengakses sekaligus melakukan pertukaran data dengan rumah sakit atau penyedia layanan kesehatan lainnya secara real-time. Selain itu, seluruh data tersebut juga dapat diakses dengan mudah karena semua data dapat diakses dan diolah hanya dalam satu dashboard.

Dalam menghadapi masa pandemi seperti ini, tentunya informasi yang lengkap dan komprehensif dibutuhkan untuk mengambil keputusan dan memberikan layanan yang tepat. Namun, bila para penyedia layanan kesehatan tidak saling terintegrasi, maka layanan kepada para pasien terdampak akan kurang maksimal. Dengan menggunakan platform data exchange, pemerintah Selandia Baru dapat mengetahui berbagai informasi, misalnya mengenai ketersediaan ruangan dan sumber daya perawatan lainnya dengan cepat.

Hal seperti ini tentu dapat sangat bermanfaat bila diimplementasikan di negara yang sangat luas seperti Indonesia. Dengan memiliki data layanan kesehatan yang saling terintegrasi, pemerintah dapat lebih cepat mengetahui ketersediaan ruangan dan alat kesehatan yang tersedia di seluruh wilayah. Setiap kecamatan, kota, maupun provinsi yang sebelumnya memiliki sistem masing-masing dalam pengelolaan data kondisi penanganan COVID-19, akan dapat lebih terintegrasi secara real-time bila menggunakan platform data exchange seperti ini, sehingga penanganan pasien akan semakin baik.

Mulai Kerja Sama dengan Partner Lokal

Saat ini, Eightwire sendiri telah mulai mengadakan kerja sama dengan rekanan lokal di Indonesia. Salah satu rekan utama mereka adalah Primeforce Indonesia. Melalui kerja samanya dengan Primeforce, Eightwire memberikan dukungan integrasi data untuk mendukung efisiensi dan efektivitas pelayanan kesehatan di salah satu klinik kesehatan yang didukung oleh Primeforce, Klinik Bagus. Kolaborasi ini sendiri diyakini dapat mendukung integrasi data hingga 10.000 klinik. Dengan platform data exchange ini juga, rumah sakit atau penyedia layanan kesehatan lainnya sangat memungkinkan untuk saling berbagi dan mengintegrasikan data pasien untuk memberikan kemudahan dan efisiensi dalam penyediaan sumber daya perawatannya.

Selain di sektor kesehatan, Eightwire juga melakukan kolaborasi di sektor finansial, khususnya dengan Finix 76, salah satu startup builder asal Yogyakarta yang kini  telah membawahi sekitar seratus startup. Melalui kolaborasi ini, Eightwire menawarkan kerja sama strategis untuk memberikan add-value serta jaringan kerja sama lainnya yang dapat membantu startup-startup tersebut juga dapat dikenal di luar Indonesia.  Selain itu, Eightwire juga menawarkan penggunaan platformnya untuk membantu kebutuhan startup-startup tersebut dalam melakukan data exchange. Kolaborasi ini, juga dianggap dapat meyakinkan pemerintah Indonesia untuk kerja sama ke depannya karena Eightwire telah memiliki local showcase yang terbukti dapat menyelesaikan permasalahan lokal seperti yang telah mereka lakukan sebelumnya di Selandia Baru.

Dengan memaksimalkan penggunaan platform data exchange, perusahaan maupun pemerintah dapat melakukan pengumpulan serta analisis data yang lebih terintegrasi, meskipun harus mengumpulkan data tersebut dari berbagai cabang maupun pihak ketiga. Dengan mengandalkan platform yang juga bisa menjamin keamanan dan kelancaran prosesnya, kekhawatiran akan kebocoran data dan rendahnya kualitas data dapat lebih teratasi.

Disclosure: Artikel ini adalah konten bersponsor yang didukung oleh NZTE

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter