1. Startup

DBS Foundation Hibahkan Rp8,2 Miliar Bagi Empat Startup Cleantech Asal Indonesia

Keempat startup tersebut adalah Plana, Liberty Society, Nafas, dan Magalarva

Bank DBS Indonesia melalui DBS Foundation mengumumkan empat startup asal Indonesia yang terpilih sebagai pemenang dari DBS Foundation (DBSF) Business for Impact Grant Award Programme 2023.

Keempat startup tersebut adalah Plana, Liberty Society, Nafas, dan Magalarva. Sebagai pemenang, mereka berhak mendapatkan dana hibah dengan total nilai 710 ribu dolar Singapura (setara Rp8,2 miliar), yang akan digunakan untuk mengatasi permasalahan lingkungan dan sosial.

Sedikit informasi mengenai masing-masing pemenang, Plana adalah startup yang berfokus pada pengolahan sampah plastik menjadi material baru, yaitu Plana Wood. Produk ini diproyeksikan sebagai alternatif kayu alami yang tahan lama dan dapat digunakan sebagai bahan bangunan.

Liberty Society di sisi lain berfokus pada daur ulang limbah perusahaan (plastik, tekstil, kardus) menjadi merchandise B2B, sekaligus membuka kesempatan bekerja bagi komunitas yang terpinggirkan.

Nafas adalah startup yang menyediakan data kualitas udara (air quality index/AQI) untuk meningkatkan kesadaran tentang polusi udara serta mendorong perubahan kebijakan.

Magalarva menghadirkan layanan pengumpulan limbah dan mengubahnya menjadi tepung lalat tentara hitam (black soldier fly) berkualitas tinggi sebagai bahan baku pakan hewan.


Untuk ulasan selengkapnya, kunjungi Solum.id. Solum.id adalah media online yang fokus menyajikan berbagai artikel tentang sektor keberlanjutan dan teknologi masa depan.

-

Disclosure: Solum.id adalah bagian dari grup DailySocial.id

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again