Categories

Event

Gandeng Ideatory, Bank DBS Gelar DBS Hackathon di Jakarta November Mendatang (UPDATED)

Total hadiah yang ditawarkan mencapai Rp 160 juta, mencari delapan tim yang bisa berpartisipasi

Adjie Priambada - 19 October 2015

DBS Bank / Shutterstock

Bank DBS, salah satu bank terkemuka di Asia yang berbasis di Singapura, akan membawa ajang DBS Hackathon ke Jakarta, Indonesia, pada 9-11 November nanti. Bank DBS bekerja sama dengan Ideatory untuk mengorganisir ajang Hackathon  yang akan diselenggarakan di Ciputra World 1, Jakarta. Total hadiah yang dijanjikan mencapai Rp 160 juta.

Pencarian talenta-talenta teknologi mumpuni di era digital ini kian menjamur.  Salah satu cara yang dianggap efektif dalam menemukan talenta-talenta ini adalah melalui ajang Hackathon, sebuah ajang yang menuntut pesertanya untuk meracik aplikasi sebagai problem solver dalam waktu terbatas.

Di Indonesia pun ajang Hackaton sendiri telah cukup menjamur. Beberapa di antaranya yang cukup dikenal yaitu HACKJACK, IWIC Hackathon, Hackathon Indigo BestApp ID, dan masih banyak lagi. Kini para pengembang digital akan mendapat kesempatan kembali untuk membuktikan kemampuan terbaik melalui ajang DBS Hackathon Jakarta.

Setelah meraih sukses di tahun 2014, kali ini DBS Hackathon hadir kembali dengan menggandeng Ideatory, sebuah business management consultant yang memiliki spesialisasi dalam data science. DBS Hackathon Indonesia adalah salah satu rangkaian acara yang DBS telah selenggarakan di Asia. Sebelum hadir di Indonesia, DBS Hackathon telah lebih dulu diselenggarakan di berbagai negara, seperti Singapura dan Hongkong.

Di Indonesia sendiri, DBS Hackathon akan digelar selama tiga hari, 9-11 November, dengan mengambil tempat di Ciputra World 1, Jakarta.  Para peserta yang berpatisipasi akan ditantang untuk dapat memecahkan masalah nyata di dunia dengan solusi digital berbentuk Web/mobile app prototyping.

Peserta juga akan mendapat kesempatan untuk dapat mempelajari  konsep Design Thinking, Human Centered Design, dan Lean Startup Principles. Di samping itu, kesempatan untuk menambah jaringan pun terbuka lebar melalui ajang ini. Bahkan tak menutup kemungkinan untuk dapat terus bekerja sama dengan DBS ke depannya.

Menurut pihak Ideatory, demi menjaga kualitas, pihak DBS nantinya hanya akan mencari delapan tim yang dapat berpartisipasi. Dalam setiap tim, setidaknya harus terdapat seorang pengembang digital (iOS/Android/Web front-end) dan seorang UI/UX designer. Tak perlu khawatir pula bila Anda belum mendapatkan tim, pihak penyelenggara berjanji akan mencarikan satu untuk Anda.

Dalam ajang DBS Hackathon Jakarta, tim juri yang nantinya memberikan penilaian adalah terdiri dari pihak senior manajemen DBS Indonesia. David Beath dari DBS Singapura akan bertindak selaku mentor.

Untuk hadiah, DBS menjanjikan total hadiah dalam jumlah yang tidak sedikit, yakni mencapai Rp 160 juta. Juara pertama akan diganjar hadiah sebesar Rp 40 juta, juara kedua mendapat Rp 25 juta, dan juara ketiga mendapat Rp 15 juta. Menariknya, untuk masing-masing tim yang berpartisipasi dijanjikan akan mendapat Rp 10 juta, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Pendaftaran untuk ikut serta dalam ajang DBS Hackathon Jakarta ini akan berakhir pada 25 Oktober 2015. Bagi Anda yang berminat, dapat mengunjungi halaman situs resmi DBS Hackathon Indonesia untuk mendaftar dan mendapat informasi lebih jauh.

_

Updated: Ada perubahan pengetian mengenai DBS Hackathon berdasarakn masukan dari pihak Ideatory, yang sebelumnya tertulis, “DBS Hackathon merupakan ajang tahunan dari salah satu bank terkemuka di Asia yang berbasis di Singapura, yaitu Bank DBS”, menjadi, “DBS Hackathon Indonesia adalah salah satu dari rangkaian acara yang bank DBS telah selenggarakan di Asia” pada paragraf empat.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter