DBS Rencanakan Bawa Digibank ke Indonesia

DBS Rencanakan Bawa Digibank ke Indonesia

Ekspansi akan dilaksanakan dalam kurun waktu satu hingga satu setengah tahun mendatang
DBS rencanakan Indonesia dan Tiongkok untuk ekspansi selanjutnya Digibank / Pixabay
DBS rencanakan Indonesia dan Tiongkok untuk ekspansi selanjutnya Digibank / Pixabay

Digibank, sebuah layanan pembayaran digital milik bank DBS (Singapura) diperkenalkan ke publik India April silam. India dinilai sebagai pasar yang tepat untuk menumbuhkan layanan mobile-only perbankan tersebut. Satu bulan setelah peluncuran, pihak Digibank tampak ingin kembali berekspansi, kali ini yang menjadi tujuan adalah Indonesia dan Tiongkok. Dikabarkan tak kurang dari 1 atau 1,5 tahun lagi ekspansi tersebut akan dilakukan.

Digibank disebut-sebut menjadi satu-satunya layanan mobile-only bank yang ada saat ini. Dengan dilengkapi teknologi AI (Artificial Intelligence) untuk membantu para penggunanya, Digibank mencoba menghadirkan pengalaman baru dalam dunia perbankan.

“Masa depan perbankan dan menjadi sangat berbeda dari apa yang telah kita lihat. Saat ini berada di titik puncak dari sebuah revolusi besar. Jika Anda berpikir lima tahun terakhir, dan melihat perubahan di industri ritel, taksi, perjalanan dan musik, perubahan ini terjadi dari industri ke industri. Karena itu regulasi dan psikologi seputar keuangan menjadi berbeda […] Tapi, dalam lima tahun ke depan kita akan melihat transformasi yang luar biasa dalam cara perbankan,” ujar Chief Executive Officer Singapore-headquartered Financial Services Major DBS Group and Director Piyush Gupta.

Untuk Indonesia, DBS sendiri sudah mulai memasuki sektor digitalisasi pada periode 2012-2013 dengan berinvestasi pada teknologi infrastruktur. Setelah itu selepas gagal mengakuisisi Bank Danamon pada pertengahan 2013 DBS Group mengubah strateginya yang semula akuisisi menjadi digitalisasi.

“Ekspansi harus melalui digitalisasi. Kami telah menghabiskan banyak waktu untuk mengatur ulang arsitektur teknologi backend kami. Pada pertemuan (yang membahas) strategi kami di Seoul pada 2013, dewan menyimpulkan bahwa waktu yang tepat untuk benar-benar memikirkan kembali, meningkatkan dan merevolusi cara kita menyimpan uang,” ujar Gupta.

Melihat kecanggihan teknologi yang diterapkan Digibank layanan ini akan menarik melihat respon masyarakat Indonesia jika akhirnya berlabuh di Indonesia. Pasalnya sejauh ini banyak penyedia layanan mencoba menghadirkan beragam metode pembayaran untuk menjaga pengalaman pengguna agar tetap pada titik kenyamanan.

Namun dari pemberitaan Forbes India Digibank adalah jalan pertama untuk DBS menjadi salah satu penyedia layanan perbankan era digital. DBS disebutkan tidak ingin membatasi diri hanya untuk menjadi solusi pembayaran. DBS berambisi untuk menghadirkan solusi perbankan digital yang lengkap untuk terus menjadi loyalitas penggunanya.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…