1. DScovery

Deadline Adalah: Pengertian, Dampaknya, dan Cara Mengatasi Tenggat Waktu

Deadline merupakan bagian dari penyelesaian tugas atau suatu pekerjaan yang diberikan kepada seseorang. Untuk melakukannya perlu beberapa cara untuk mengatasinya, berikut ini cara mengatasi deadline yang mepet.

Deadline adalah kegiatan yang berhubungan dengan waktu, dimana dalam pelaksanaanya deadline dapat memberikan dampak positif maupun negatif. Untuk mengetahui hal apa yang memunculkan dampak tersebut, berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai deadline.

Pengertian Deadline

Deadline adalah sebuah batas pengumpulan tugas atau pekerjaan yang diberikan oleh orang lain atas pemenuhan tugasnya. Deadline dalam bahasa Inggris berarti tenggat waktu dan biasa digunakan dalam urusan pengumpulan yang berkaitan dengan waktu.

Deadline adalah pemenuhan atas tanggung jawab dibebankan pada seseorang untuk dapat menyelesaikan sesuai waktu yang telah ditentukan, deadline juga bisa terjadi diakibatkan kebutuhan atas suatu hal secara mendesak.

Deadline seringkali di dengar dalam dunia akademik dan profesi, dimana setiap orang diberikan tanggung jawab atas suatu tugas yang perlu diselesaikan sesuai dengan tenggat waktu yang ditentukan.

Dampak Deadline

Deadline terjadi ketika seseorang sedang berlomba dengan tenggat waktu untuk menyelesaikan tugas atau target tujuannya. Deadline dalam pengertian tersebut memiliki dampak positif dan juga negatif tergantung pada sudut pandang dan cara pengerjaanya. Berikut ini penjelasan mengenai dampak positif dan negatif dari deadline:

  • Dampak Positif Deadline

Deadline pada dasarnya adalah sebuah perilaku yang mengharuskan seseorang mengerjakan tugasnya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Dalam proses dan tujuannya sebenarnya deadline bisa memberikan dampak positif terhadap pembagian waktu kerja.

Sebagai contoh jika seseorang menetapkan deadline atau tenggat waktu dalam suatu pekerjaannya, maka segala pengerjaan tugasnya akan jadi lebih terorganisir, target akan selesai tepat waktu, membuat target menjadi lebih jelas, waktu yang dihabiskan akan lebih produktif dan melatih sikap disiplin.

Pada dasarnya deadline adalah suatu kondisi yang digunakan untuk melatih sikap disiplin yang dimiliki oleh seseorang dalam menyelesaikan tanggung jawabnya, deadline berfungsi untuk membantu kemampuan kerja seseorang dalam memenuhi kebutuhan sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan.

  • Dampak Negatif Deadline

Meskipun demikian deadline yang berlanjut secara terus-menerus juga akan memberikan dampak negatif. Dampak negatif biasanya terjadi ketika seseorang mengerjakan deadline yang diberikan dalam jangka waktu yang mepet atau mendadak,

Dampak negatif ini bisa terjadi dalam beberapa hal seperti, terjadinya gangguan kecemasan, rentan untuk selalu begadang, pekerjaan dilakukan secara tidak maksimal dan mengganggu kesehatan fisik maupun mental.

Cara Mengatasi Tenggat Waktu

Sebenarnya dampak negatif dari deadline maka kita perlu cara untuk mengatasinya agar pekerjaan yang dimiliki dapat selesai tepat waktu. Beberapa hal yang dapat dijadikan cara mengatasi deadline yang menumpuk seperti, menentukan tujuan.

Tujuan perlu dibuat sebagai motivasi penyelesaian tugas sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan. Dengan adanya tujuan seseorang akan memiliki niat dan motivasi untuk bekerja lebih banyak, karena tidak ada alasan baginya untuk menunda pekerjaan tersebut.

More Coverage:

Hal yang dapat dilakukan selanjutnya adalah istirahat yang cukup. Mengerjakan suatu tugas dengan semangat adalah hal baik, tetapi juga terlalu berlebihan maka akan membuat tubuh menjadi mudah kelelahan. Untuk itu sesuaikan jadwal pengerjaan tugas dengan tenggat waktu, sehingga terdapat patokan berapa lama kita harus mengerjakan tugas tersebut.

Cara berikutnya adalah dengan membuat tenggat waktu lebih awal dibandingkan deadline aslinya, hal ini bertujuan untuk memotivasi kinerja.

Demikian penjelasan selengkapnya mengenai pengertian deadline serta cara mengatasi tenggat waktu sehingga akan lebih memudahkan dan menghilangkan dampak negatif. Jadi ayo, mulai cicil tugas mu dari sekarang untuk menghindari deadline yang telah ditentukan!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again