Categories

Berita

Dealoka Ajak Konsumen Manfaatkan Mobile Deals dengan Cara Lebih Cerdas

Amir Karimuddin - 12 May 2014

Pamor daily deals memang mulai redup, tapi itu tidak menyurutkan langkah Dealoka untuk meluncurkan produknya yang menyasar deals yang lebih cerdas di ranah mobile. Sudah tersedia untuk platform Android dan berikutnya menyusul untuk iOS, pengguna Dealoka bisa langsung me-redeem deals yang cocok tanpa harus pusing mencetak dan membayar deals yang ingin digunakan terlebih dahulu.

Dealoka adalah sebuah startup yang diinkubasi melalui program Ideabox Indosat yang bekerja sama dengan Mountain SEA Ventures. Yang ingin dicapai oleh Dealoka adalah perbaikan cara kerja deals yang ada sekarang ini. Menggunakan aplikasi mobile, konsumen bisa langsung mencari deals apa yang menarik dan sedang berlaku di sekitarnya saat itu. Jika menemukan suatu deals yang cocok, pengguna bisa langsung menggunakannya dengan me-redeem barcode yang ada. Tak perlu pusing mencetak dan mencetak deals yang diinginkan karena bersifat real time dan hanya bisa dimanfaatkan paling lambat 24 jam sejak perolehan e-coupon, model bisnis ini diharapkan meningkatkan efektivitas pemanfaatan deals yang lebih baik.

Seperti dicantumkan dalam rilis persnya, Dealoka memposisikan diri seperti sebuah kartu kredit dimana konsumen dapat langsung mendapatkan diskon penawaran dari merchant secara instan dan melakukan pembayaran saat itu juga. Mudahnya, pengguna Dealoka tidak perlu mendaftarkan diri untuk memperoleh deals seperti halnya kartu kredit. Konsumen hanya perlu mengunduh aplikasi Dealoka secara gratis. Deals yang bisa dimanfaatkan bisa terdiri atas penawaran makanan dan minuman, barang-barang fashion, kelas dan kursus, serta produk kecantikan dan kesehatan.

Tak cuma sekedar sistem deals yang berada di konsumen, Dealoka sesungguhnya menciptakan sistem pemasaran yang lebih terintegrasi karena tersedia sistem backend analisis data yang bisa mengecek pemanfaatan deals yang diberikan dan keefektifannya. Masih berada dalam fase soft launch, Dealoka tentu mengharapkan imbal balik yang sebanyak-banyaknya, baik dari merchant maupun konsumen, untuk pemanfaatan model bisnis mobile deals yang lebih baik.

Ketimbang skema daily deals yang sudah ada, konsep mobile deals berdasarkan lokasi dan minat yang dihadirkan Dealoka jelas lebih menarik. Pun bagi merchant, promo yang dibantu oleh Dealoka tak ubahnya promo biasa seperti yang biasa mereka lakukan dengan penyedia layanan kartu kredit. Meskipun demikian jika berbicara soal mobile deals Dealoka bukanlah satu-satunya yang berinovasi.

Kita tidak bisa menampik bahwa sistem deals atau diskon juga ditawarkan melalui platform messaging populer, misalnya Kakao Talk ataupun Line yang sedang gencar bekerja sama dengan sejumlah restoran dan penyedia produk fashion ternama, meskipun metodenya tidak persis sama. Dealoka sebagai platform tentu harus bisa memberikan justifikasi mengapa merchant harus memilih bekerja sama dengan pihaknya.

Sebagai langkah awal, Dealoka menggandeng Indosat (sebagai pihak inkubatornya) yang memiliki basis pengguna besar untuk kampanyenya, dengan pelanggan Indosat memperoleh penawaran khusus melalui aplikasi Dealoka ini.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter