Categories

Social Media

Dekatkan Pemilik Channel dengan Fans, YouTube Hadirkan Fitur “Community”

Dengan fitur ini pemilik channel dapat membuat pesan teks, gambar, video live untuk para audiens tanpa mengunggah video baru

Bambang Winarso - 15 September 2016

YouTube tampaknya ingin menjadikan platform berbagi video miliknya lebih dari sekadar tempat menonton gameplay game, parodi lucu, berita, bayi lucu atau stand-up komedi. Diterjemahkan dalam bentuk fitur baru bernama Community, YouTube memberikan akses mudah kepada pemilik channel untuk berinteraksi dengan penonton setianya.

Mulai hari ini, beberapa channel YouTube terpilih bakal memperoleh tambahan menu tab berlabel “Community”, tempat di mana pembuat video dapat mengirimkan pesan ke audiens-nya tanpa harus mengunggah video. Proses ini tentu lebih mudah ketimbang harus merekam video, meng-edit dan mengunggahnya ke channel.

`

Hadirnya fitur Community bisa jadi merupakan pengganti fitur “Announcement” yang bakal menjadi akses baru bagi pemiliki channel untuk menyampaikan pesan singkat untuk penonton. Fitur ini juga diharapkan dapat menjadi cara baru bagi mereka untuk berinteraksi ketimbang harus menggunakan jejaring sosial Facebook dan Twitter.

Fitur Community ini sendiri sudah diuji sejak lama oleh YouTube. Dalam prosesnya YouTube melibatkan sejumlah pembuat video untuk mendapatkan umpan balik. Peluncuran ini pun sejatinya masih berstatus beta untuk pencipta video yang sama dan beberapa pengguna tambahan. Dalam hitungan bulan ke depan, fitur ini dijadwalkan bakal menyapa publik secara luas.

Di dalam fitur Community, pemilik channel dapat membagikan beberapa jenis media, antara lain pesan teks biasa, foto, video live bahkan gambar dalam format gif. Di tempat yang sama pelanggan channel dapat memberikan jempol tanda suka atau meninggalkan komentar.

Sumber berita YouTubeCreator dan gambar header Pixabay.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter