1. Startup

Delapan Finalis GEPI 2011 Diumumkan

Global Enterpreneurship Program (GEP) Indonesiamengumumkan delapan finalis yang akan bertemu dengan Eric Schmidt (dan Hillary Clinton) di puncak acara GEPI di Bali. Pemenangnya akan diumumkan tanggal 22 Juli mendatang. Dari delapan finalis, empat produk berbasiskan teknologi sementara 4 yang lain berada di area non-teknologi. Delapan finalis itu terpilih dari 32 kandidat yang diundang untuk seleksi lebih lanjut.

Selain itu akan ada 42  business plan yang terpilih mengikuti speed dating/mentoring dengan delegasi kewirausahaan GEPI (GEPI Enterpreneurship Delegation) dari Amerika Serikat. Dari business plan tersebut, lebih banyak yang memiliki basis teknologi ketimbang yang non-teknologi. Ini tentunya suatu bentuk apresiasi bahwa startup teknologi sebagai sarana kewirausahaan mendapatkan animo yang tinggi di Indonesia.

Tadinya akan ada pembagian antara kategori usaha Early Stage dan Growth Stage, tapi karena rendahnya perusahaan dengan kategori Growth Stage yang mendaftar, pembagian tersebut ditiadakan. Empat finalis non-teknologi adalah Arah Environmental, Go-Jek, Integrated Waste Management, dan Marine Current Turbine. Sementara di ranah teknologi, kita memiliki Game4Smart, IndoMog Payment Gateway, Prohukum, dan SITTI. Tentu karena ini adalah blog tentang startup teknologi, kita akan lebih membahas finalis di bagian yang kedua.

Game4Smart fokus ke permainan online berbasis edukasi. Dibuat oleh PT Alfasoft, permainan yang dibuat berusaha menggandeng semua elemen pendidikan -- termasuk Kementerian Pendidikan Nasional -- untuk memanfaatkan Teknologi Informasi demi kemajuan pendidikan. Materinya tentu tidak jauh-jauh dari materi di sekolah, tapi karena bisa diakses secara online tentunya dapat dengan mudah dimanfaatkan oleh pihak-pihak terkait. PT Alfasoft sendiri berkantor pusat di Jakarta dan sudah memiliki cabang di Malang, Jawa Timur.

IndoMog sendiri sudah beberapa kali disinggung sebagai online payment gateway yang telah menggandeng Zynga sebagai partnernya sebagai sarana pembayaran virtual credit. Berikutnya adalah Prohukum yang merupakan solusi sistem yang khusus menangani tentang manajemen dan operasional suatu law firm ataupun legal consultants. Prohukum juga merupakan salah satu pemenang iMulai 3.0 yang diadakan oleh Microsoft Indonesia.

Yang terakhir adalah SITTI, penyedia jasa contextual ads yang di setiap penjelasannya selalu digadang-gadang untuk menyaingi Google Adsense. Update terbaru soal SITTI bisa Anda baca di sini.  Selamat kami ucapkan kepada para finalis yang terpilih dan semoga yang terbaik yang menjadi pemenang di acara puncak GEPI di Bali.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again