1. DScovery

Delivery Order: Pengertian, Contoh, Manfaat dan Perbedaannya dengan Surat Jalan

Meski kerap dianggap sama, namun ternyata delivery order dan surat jalan merupakan dua hal yang berbeda.

Bagi kamu yang sering melakukan pembelian maupun penjualan barang secara online, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah delivery order, bukan? Delivery order berkaitan dengan layanan pemesanan produk baik berupa barang maupun jasa secara online.

Delivery order biasanya berupa surat yang berisi tanda bukti pemesanan barang. Namun, delivery order kadang masih dianggap sama dengan surat jalan, padahal keduanya memiliki perbedaan.

Lantas, apa arti delivery order dan apa saja perbedaannya dengan surat jalan? DailySocial.id sudah merangkumkan penjelasannya dalam artikel ini.

Arti Delivery Order

Delivery order merupakan sekumpulan proses manajerial yang memiliki fokus pada pelanggan dari semua layanan, yang menjamin bahwa layanan tersebut dapat digunakan sesuai fungsinya. Delivery order biasanya berupa dokumen yang diberikan oleh pihak penjual ke penyedia jasa ekspedisi agar dapat memudahkan proses pick-up dan pengiriman barang ke konsumen.

Delivery order berupa perintah pengiriman barang yang dibuat oleh pihak penjual agar barang dapat dikirimkan ke pembeli. Biasanya, delivery order diberikan oleh penjual kepada staff gudang agar barang siap dikirim ke jasa ekspedisi.

Manfaat Delivery Order

Delivery order memiliki berbagai manfaat, karena terkait dengan kepentingan pengiriman barang agar sampai dengan baik ke tangan konsumen. Adapun beberapa manfaat delivery order, yaitu:

  1. Sebagai petunjuk daftar barang yang dikirimkan penjual ke pembli.
  2. Sebagai bukti transaksi jual beli yang sah.
  3. Digunakan untuk membuat surat jalan yang penting dalam proses pengiriman barang ke konsumen.
  4. Sebagai bukti pencocokan dengan surat jalan bagi pihak asuransi jika terjadi kecelakaan saat pengiriman.

Perbedaan Delivery Order dengan Surat Jalan

Contoh Delivery Order / ©kargo.tech

Surat jalan merupakan surat legal yang berisi informasi pengiriman barang, seperti nama dan alamat penjual dan penerima, jumlah, serta jenis barang.

More Coverage:

Adapun perbedaan antara delivery order dan surat jalan adalah sebagai berikut:

  1. Surat jalan merupakan dokumen yang wajib dibawa oleh kurir dan ditunjukkan kepada petugas di jalan ketika ada pemeriksaan muatan kendaraan. Sementara delivery order merupakan informasi yang tertempel pada barang yang dikirimkan, namun tidak perlu ditunjukkan kepada petugas di jalan.
  2. Bentuk delivery order dari setiap perusahaan berbeda satu sama lain, sementara bentuk surat jalan hampir sama, yakni terdiri atas tiga rangkap warna yang berbeda.
  3. Surat jalan merupakan bukti legal pengiriman barang, sementara delivery order merupakan acuan untuk membuat surat jalan.

Nah, sekarang kamu telah mengerti tentang arti dari delivery order dan surat jalan beserta perbedaan antara keduanya. Semoga artikel ini bermanfaat dalam menambah wawasanmu.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again