Categories

Gadget

Demi Dukung Kreator Konten VR, HP Upgrade Workstation Z4 Dengan Prosesor Intel 18-Core

Varian lama ber-prosesor Xeon juga akan terus dipasarkan.

Yoga Wisesa - 6 February 2018

Ketika membahas perangkat penunjang virtual reality, beberapa nama mungkin segera terbersit di benak Anda, di antaranya adalah para produsen PC gaming 'VR ready' atau mungkin PlayStation. Namun seperti yang kita tahu, VR bukan hanya berguna untuk hiburan saja. Sejak beberapa tahun lalu, sejumlah brand telah mulai mengarahkan VR buat kebutuhan bisnis.

Hewlett-Packard merupakan salah satu nama yang berkomitmen di ranah penciptaan konten, dan kali ini, mereka meng-upgrade PC kelas bisnis andalan sehingga bermanfaat bagi para developer game dan pencipta simulasi. Belum lama ini, perusahaan asal Palo Alto itu memperkenalkan versi refresh dari desktop workstation Z4.

Di dalam desktop bertubuh hitam yang simpel itu tersimpan komponen-komponen tercanggih di dunia. Sebagai awalnya, versi baru Z4 dipersenjatai prosesor Intel Core i9-7980XE yang memiliki 18-core dan 36-thread, dengan kecepatan 2,6GHz sampai 4,4GHz via dukungan teknologi Turbo Boost Max. HP juga menawarkan beragam konfigurasi kartu grafis, dari mulai Nvidia Quadro, AMD Firepro, sampai Nvidia Tesla K40.

Produsen belum mengabarkan harga yang mereka patok untuk versi anyar ini, tapi yang jelas, prosesor Core i9-7980XE sendiri dibanderol US$ 2.000. Sudah pasti harga seluruh 'paketnya' sangat mahal. Kabar gembiranya, Hewlett-Packard turut membundel produk dengan perangkat mixed reality mereka. Andai membelinya secara terpisah, Anda harus mengeluarkan uang US$ 450.

Jika tertarik buat meminang workstation HP Z4 baru tapi khawatir akan menguras seluruh modal hidup Anda, HP menyediakan opsi yang jauh lebih terjangkau, bisa Anda beli di harga mulai dari US$ 1.500. Model ini diotaki Intel Core i7-7820X. Sebagai alternatifnya, produsen tetap memasarkan HP Z4 versi 'lama' yang mengusung prosesor Intel Xeon.

Seluruh varian anyar HP Z4 workstation rencananya akan mendarat di bulan Maret 2018 besok. Developer konten VR tentu saja direkomendasikan untuk sabar menunggu versi refresh karena Xeon lebih pas digunakan buat server, dan harganya juga beberapa ratus dolar lebih tinggi dibanding tipe entry-level Z4 baru.

Menariknya lagi, HP berencana untuk terus menjual headset HTC Vive Business Edition walaupun mereka sudah mempunyai perangkat Windows Mixed Reality sendiri. Business Edition diperbarui jadi 'Professional Edition', dengan layar beresolusi lebih tinggi, headphone build-in dan upgrade pada desain sehingga lebih nyaman.

Selain itu, HP merupakan satu dari beberapa perusahaan yang turut menyediakan PC berdesain ransel sehingga virtual reality bisa dinikmati tanpa mengikat Anda di satu tempat.

Sumber: Digital Trends.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter