27 June 2014

by Yoga Wisesa

Dengan MIRA6, Hisense Resmi Masuk ke Pasar Windows Phone

Walaupun nama Windows Phone sangat melekat dengan brand handset andalan Nokia milik Microsoft Mobile, platform ini masih menjadi target pasar yang sangat menjanjikan bagi beberapa produsen - terutama OEM dengan pangsa pasar menengah ke bawah. Dan kali ini, giliran Hisense asal Tiongkok yang mengumumkan smartphone Windows Phone pertama mereka.

Hisense mengenalkan MIRA6, sebuah smartphone ber-platform Windows Phone 8.1 dengan penampilan cukup menarik, yang sepertinya mengambil 'inspirasi' dari Apple iPhone 5 atau 5S. Bagian badan smartphone ini dibuat dari kombinasi plastik, dengan punggung dari material logam.

MIRA6 dirancang dengan ukuran tipis, hanya 7,18 milimeter, memiliki layar high definition (kemungkinan besar 720p) berukuran lima-inci, dilengkapi dengan fitur dual-SIM card dan sistem proses suara Dolby Sound.

Berdasarkan data yang tersedia, MIRA6 ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 200 dengan CPU quad-core Cortex-A7 berkecepatan 1,2GHz dan GPU Adreno 302, memori RAM 1GB dengan penyimpanan internal 8GB yang bisa Anda ekspansi via kartu MicroSD. Bagian kameranya juga cukup baik, dengan kamera utama bersensor 8-megapixel dan kamera depan 5-megapixel.

 

Info menarik: Hisense Sero 8 Dilepas dengan Banderol $129

 

Dirancang secara khusus untuk China Telecom, MIRA6 akan menjadi salah satu smartphone berbasis Windows Phone 8.1 yang mendukung konektivitas 4G LTE dengan kemampuan dual-SIM.

Jika Anda menyimak video promosinya, MIRA6 memiliki ikon-ikon tombol bergaya Android - sedikit berbeda dari susunan tombol khas Windows Phone yang terdiri dari back, home dan search.

Hisense juga sama sekali belum mengumumkan harga handset ini dan kapan tetpatnya akan tersedia di pasaran. Jika ia dirancang secara eksklusif untuk China Telecom, bisa jadi MIRA6 hanya akan dirilis di China - atau dipasarkan di beberapa negara lain dengan nama berbeda. Hisense sendiri pernah berjanji bahwa mereka telah berkomitmen untuk membawa produk-produknya ke pasar Amerika di tahun ini.

 

Info menarik: [REVIEW] Smartfren Andromax C2 + Video

 

Selain Hisense, beberapa produsen asal Tiongkok lain yang masih turut menggarap smartphone Windows Phone adalah ZTE dan Huawei. Hisense merupakan salah satu perusahaan milik pemerintah yang bermarkaskan di kota Qingdao. Namanya cukup jarang terdengar di Indonesia, karena biasanya mereka menjual produk bekerja sama brand lain. Salah satu contoh produk Hisense yang cukup populer di nusantara lebih kita kenal dengan nama Smartfren Andromax Z.

Walau begitu Hisense juga mulai berani memasarkan handset dengan brand mereka sendiri, contohnya saja Sero 8 yang baru diperkenalkan beberapa hari lalu. Untuk kabar lebih detail tentang Hisense MIRA6, tampaknya kita harus menunggu informasi lebih lanjut.

Sumber: GSM Arena & Neowin. Sumber gambar: WM Poweruser.