21 April 2016

by Glenn Kaonang

Dengan Pictar, iPhone Jadi Serasa Kamera DSLR

Hadirkan grip yang nyaman sekaligus kontrol yang lengkap tanpa menguras baterai perangkat

Memang benar kalau hasil foto kamera iPhone 6S yang terbaru sekalipun masih belum bisa disandingkan dengan kamera DSLR. Namun kalau sekadar untuk dipajang di media sosial, iPhone saja sudah lebih dari cukup. Yang kurang hanyalah keterbatasan kontrolnya saja, plus desain bodi yang kurang ideal untuk dipakai memotret dengan satu tangan.

Maka dari itu, tidak sedikit pabrikan aksesori yang muncul dengan ide-ide kreatif guna mengubah iPhone jadi senyaman menggunakan kamera DSLR. Salah satunya adalah Miggo, yang belum lama ini memperkenalkan sebuah grip kamera iPhone inovatif melalui Kickstarter.

Bernama Pictar, premisnya amat sederhana. Pengguna tinggal menyelipkan iPhone, lalu genggam grip-nya layaknya sebuah kamera DSLR. Di bagian atasnya, tertanam tombol shutter beserta sederet kenop putar yang bisa dikustomisasi, mulai dari menyesuaikan exposure compensation, mengatur zoom, hingga mengaktifkan kamera depan.

Sisi bawah Pictar dilengkapi mount untuk tripod / Miggo

Namun yang lebih menarik lagi dari Pictar adalah bagaimana perangkat ini bisa berkomunikasi dengan iPhone tanpa Bluetooth maupun colokan Lightning. Pictar memanfaatkan teknologi ultrasonik, dimana setiap kenop atau tombol yang ditekan akan memancarkan suara berfrekuensi tinggi yang tak bisa didengar telinga manusia, tapi bisa didengar oleh mikrofon milik iPhone.

Selanjutnya, aplikasi pendamping Pictar akan mengaktifkan fungsi-fungsi tertentu sesuai dengan kenop atau tombol yang ditekan. Keuntungan dari teknologi semacam ini adalah, baterai iPhone tak akan cepat terkuras akibat terus terhubung ke Pictar.

Hasil fotonya tentu saja sama persis dengan tidak menggunakan Pictar, mengingat aksesori ini sama sekali tak mengemas komponen optik yang mengintervensi kamera iPhone. Fokusnya hanya pada memberikan kenyamanan dalam mengoperasikan iPhone sebagai kamera andalan, dengan satu tangan ataupun dua tangan, tanpa menguras baterai perangkat.

Dimensi Pictar bisa disesuaikan dengan beragam model iPhone / Miggo

Lebih istimewa lagi, dimensi Pictar bisa disesuaikan dengan berbagai model iPhone, mulai dari 4S sampai 6S, dengan pengecualian untuk varian 6 Plus dan 6S Plus. Sisi bawahnya dilengkapi mount untuk tripod, dan pengguna juga bisa menyambungkan aksesori tambahan seperti LED flash atau mikrofon.

Di Kickstarter, Pictar dijajakan seharga $75 untuk para backer. Bundelnya mencakup unit Pictar itu sendiri, sebuah pouch dan sebuah strap yang bisa diikatkan ke pergelangan tangan.

Sumber: DPReview.