1. DScovery

Developer: Definisi, Tugas, dan Perbedaan Developer Dengan Yang Lain

Developer merupakan seseorang yang bertugas untuk mengembangkan sebuah website, kenali lebih dalam untuk mengetahui profesi ini. Berikut ini adalah definisi, tugas, serta perbedaan Developer dengan pemrograman yang lainnya.

Website atau situs merupakan salah satu hal yang penting bagi perusahaan karena memiliki banyak fungsi, salah satu fungsinya adalah website dapat menjadi sebuah wajah perusahaan. Maka dari itu, penting untuk membuat sebuah website perusahaan yang bagus, menarik, dan fungsional.

Namun, pembuatan website tidaklah mudah. Kamu harus sudah menguasai hal-hal yang cukup rumit untuk mulai dari 0. Kamu harus mengetahui dan mempelajari hosting, domain, SSL/HTTPS, desain UI/UX, dan masih banyak lagi.

Lantas, bagaimana jika kita membutuhkan sebuah website untuk perusahaan apabila kita tidak memiliki skill maupun pengetahuan sama sekali terkait hal tersebut?

Tenang saja, kamu bisa menggunakan jasa Developer untuk mengatasi masalah tersebut. Sehingga, kamu tidak perlu repot-repot mempelajari semua pengetahuan terkait website mulai dari awal.

Apa itu Developer?

Definisi Developer

Developer merupakan seseorang yang dapat melakukan proses pengembangan sebuah website atau software, bahkan membuat sebuah aplikasi.

Lazimnya, Developer adalah seseorang yang sudah menguasai hal-hal yang terkait dengan pemrograman, seperti HTML, CSS, JavaScript, dan lainnya.

Karena perusahaan mulai banyak yang membutuhkan website, maka semakin banyak perusahaan yang mencari Web Developer. Hal ini dibuktikan dengan maraknya lowongan pekerjaan untuk Web Developer.

Walaupun Developer ini memiliki banyak tugas, namun tugas-tugas tersebut tidak hanya dipikul satu Developer saja karena masih ada bagian lagi didalamnya.

Apa saja tugas-tugas Developer yang benar?

Tugas Developer

Karena Developer memiliki tugas yang cukup banyak dan rumit, mereka terbagi menjadi 3 bagian lagi, yaitu:

Front-End Developer

Bagian yang pertama adalah Front-End Developer, bagian ini memiliki tugas untuk mengaplikasikan desain tampilan utama website yang diberi oleh designerwebsite.

Front-End Developer bertanggung jawab untuk membuat sistem dengan kode (coding) yang rapi agar website ataupun aplikasi mudah digunakan oleh pengguna.

Yang harus dikuasai oleh Front-End Developer adalah HTML, CSS, dan JavaScript.

Back-End Developer

Bagian yang kedua adalah Back-End Developer, bagian ini memiliki tugas untuk mengelola server dan kualitas performa agar selalu baik.

Front-End Developer bertanggung jawab untuk memastikan website atau aplikasi selalu berjalan dengan lancar sehingga penggunanya tidak akan mengalami masalah.

Yang harus dikuasai oleh Back-End Developer adalah PHP, SQL, dan Python.

Full-Stack Developer

Bagian yang ketiga adalah Full-Stack Developer, bagian ini memiliki tugas gabungan dari Front-End Developer dan Back-End Developer.

Full-Stack Developer bertanggung jawab untuk mengembangkan tampilan serta memastikan kecepatan dan keamanan website.

Namun, karena masih banyak yang belum terlalu mengenal dunia IT, terutama Developer, hal ini membuat banyaknya orang yang menganggap semua pekerjaan terkait pemrograman disebut dengan Developer.

Padahal, dunia IT juga memiliki Web Developer, Programmer, dan Software Engineer.

Dimanakah letak perbedaan Developer dengan yang lainnya?

Perbedaan Developer dengan Web Developer

Perbedaan Developer dan Web Developer biasanya terletak pada pekerjaan yang mereka lakukan.

Developer bisa melakukan pengerjaan software, aplikasi, maupun website. Sedangkan untuk Web Developer, mereka hanya fokus pada pengembangan website.

Perbedaan Developer dan Programmer

Tugas seorang Programmer adalah fokus kepada kode (coding), memperbaiki bugs, dan mengatur desain website menjadi mudah dibaca oleh sistem komputer. Biasanya, Programmer harus menguasai JavaScript, C#, PHP, SQL Server, dan lainnya.

Sedangkan, walaupun Developer juga dapat mengerjakan kode (coding), tapi Developer tidak hanya fokus kesana saja, Developer juga harus lebih fokus mengembangkan website.

Perbedaan Developer dan Software Engineer

Perbedaan Developer dan Software Engineer juga terletak pada pekerjaan yang mereka lakukan. Namun, mereka tetap berhubungan.

Tugas utama seorang Software Engineer adalah membuat tools untuk mengembangkan aplikasi software untuk Developer mengembangkan websitenya.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai dunia IT, terutama Developer. Jika kamu serius untuk membangun sebuah bisnis, alangkah baiknya untuk membuat sebuah situs untuk bisnismu untuk mempermudah komunikasi dengan pengunjung.

Semoga bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again