1. Lifestyle

Developer DayZ Perkenalkan Platform Game Eksperimental, Bohemia Incubator

Bohemia Incubator hampir mirip seperti program early access dari Valve, namun platform ini mempunyai tujuan yang berbeda.

DayZ merupakan sebuah kejutan tak terduga. Awalnya digarap sebagai mod ARMA 2, ia berubah menjadi fenomena, membuat nama Bohemia Interactive kian dikenal khalayak gamer core. Bohemia ialah salah satu studio independen terkemuka, memiliki reputasi tinggi dalam pengembangan game-game simulasi tempur dan juga dipercaya untuk jadi konsultan developer indie lain.

Bermaksud untuk terus membangun ekosistem yang dirintisnya, tim asal Republik Ceko itu memperkenalkan Bohemia Incubator, yaitu sebuah wadah bagi permainan-permainan eksperimental buat dinikmati khalayak umum. Sederhananya, anggap saja Bohemia Incubator hampir mirip dengan program early access dari Valve, namun platform ini mempunyai misi yang berbeda.

Ketika Steam Early Access ditujukan untuk memberikan kesempatan bagi Anda mencicipi permainan yang belum rampung dan membantu proses pengerjaannya, Bohemia Incubator diramu sebagai panduan pengembangan game, pengenalan pada teknologi Bohemia Interactive, berperan jadi layanan, serta merupakan cara meningkatkan pengetahuan devekoper di berbagai area pembuatan video game.

Tentu saja Bohemia Incubator punya banyak perbedaan dari Steam Early Access. Sesuai penjelasan mereka, permainan-permainan di sana lebih bersifat eksperimental, terkadang masih kasar dengan gameplay mendasar. Lalu permainan juga bukan ditujukan buat platform PC saja. Sebagian dari mereka mungkin akan dipasarkan, namun beberapa juga tidak akan dilepas ke publik. Bohemia punya wewenang dalam memutuskan untuk mendukung atau menghentikan dukungan terhadap game tersebut.

Bagi developer, Bohemia Incubator bisa menjadi medium uji coba konsep desain dan mengakrabkan mereka dengan genre ataupun platform baru, termasuk virtual reality. Lalu untuk para pemain sendiri, Anda dapat menjajal berbagai game menarik dan mencoba pengalaman unik. Mayoritas, permainan tersebut disajikan secara cuma-cuma, tapi ada juga yang dijual di harga murah - ketika Bohemia yakin game itu semakin matang. Setelah rampung, permainan bisa dibeli di Bohemia Store atau Steam.

Saat ini sudah ada dua permainan yang berpartisipasi dalam prakarsa Bohemian Incubator, yaitu Ylands dan Project Argo:

Dapat dijajal gratis, Yland adalah permainan sandbox di mana Anda bisa membangun, menciptakan petualangan, serta bertualang bersama teman sesuka hati dalam dunia low-polygon penuh warna.

Project Argo sendiri menyuguhkan formula lebih serius, sebuah game shooter kompetitif yang mengadu dua tim tentara bayaran dalam pertempuran lima lawan lima. Versi prototype-nya dapat dimainkan gratis.

Sumber: Bohemia Interactive.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again