IDCloudHost Akuisisi Dewabiz untuk Perluas Pangsa Pasar

IDCloudHost Akuisisi Dewabiz untuk Perluas Pangsa Pasar

Tidak begitu khawatir pasca rencana pemerintah melakukan revisi PP82/2012
Dewabiz kini menjadi sub bisnis IDCloudHost
Dewabiz kini menjadi sub bisnis IDCloudHost

Jumat (03/4) perusahaan penyedia layanan hosting IDCloudHost mengumumkan akuisisinya terhadap Dewabiz. Aksi perusahaan tersebut dilakukan untuk memperkuat cakupan bisnis, demi menangkap peluang dari para UKM yang tengah berbondong-bondong melakukan digitalisasi.

Pasca akuisisi ini, IDCloudHost Group saat ini memiliki dua anak perusahaan, yakni PT Awal Kilat Semesta yang menawarkan produk PaaS dan Dewabiz. Kendati memiliki produk yang identik, Co-Founder & CMO IDCloudHost Muhammad Mufid Luthfi mengungkapkan tidak akan rencana penyatuan layanan IDCloudHost dan Dewabiz.

“IDCloudHost dan Dewabiz memiliki segmentasi pelanggan yang berbeda. Konsentrasi utama Dewabiz adalah para pelanggan hosting unlimited, sementara IDCloudHost tidak menyasar pasar tersebut. Kami akan terus memantau pasar sehingga peleburan layanan belum ada di benak kami saat ini,” ujar Mufid.

Selain melalui akuisisi, Mufid juga menerangkan bahwa perusahaannya akan terus menggencarkan kerja sama strategis dengan UKM dan startup guna menghadirkan layanan dan produk yang sesuai dengan pasar saat ini. Di usianya yang ke-4 tahun, IDCloudHost terus berupaya memaksimalkan potensi server lokal untuk melayani berbagai bisnis dalam menyuguhkan layanan digital.

Mengenai rencana revisi PP 82 yang tengah menjadi sorotan industri hosting lokal, Co-Founder & CEO IDCloudHost Alfian menerangkan, pada dasarnya sejak perusahaannya didirikan secara tidak langsung sudah bersaing dengan pemain global dalam penyediaan komputasi awan dan infrastruktur.

“Tahun lalu kami ekspansi ke data center Singapura dengan nama legal Cloud Host Pte Ltd, bahkan saat ini 60% pengguna kami lebih banyak yang menggunakan server di Singapura dibandingkan Indonesia,” ujar Alfian.

Masih tentang rencana revisi PP82 oleh pemerintah, Alfian menambahkan, “Saat ini kedaulatan data lebih penting dari apa pun, negara harus ikut andil dalam menjaga data dengan baik.”

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Interview
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…