16 October 2012

by wiku

Dibandingkan Laki-laki, Perempuan Lebih Aktif di Twitter

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Beevolve mengungkapkan beberapa data menarik yang dikumpulkan berdasarkan penilitian dari 36 juta pengguna Twitter. Dari penelitian ini mengungkapkan bahwa pengguna perempuan paling aktif di Twitter.

Meski informasi tentang gender tidak dapat terbaca dengan jelas di profil Twitter, namun platform dari Beevolve mengklasifikasikan gender pengguna Twitter berdasarkan nama pengguna, gambar profil dan parameter lainnya. Dari studi ini terungkap bahwa pengguna perempuan lebih banyak di Twitter, sebanyak 53% pengguna perempuan dibandingkan pengguna laki-laki sebanyak 47%.

Perempuan juga lebih banyak nge-tweet dibandingkan laki-laki. Dari penelitian ini menyebutkan bahwa rata-rata jumlah Tweet yang dibagikan oleh pengguna laki-laki adalah 567 dibandingkan perempuan 610. Ini menggambarkan bahwa selain pengguna yang lebih banyak, perempuan juga lebih aktif di Twitter.

Selain itu pengguna perempuan ternyata lebih banyak yang 'mengunci' akun profil Twitter mereka dibandugkan penguna laki-laki. 63,6% dari pengguna perempuan menggunakan fasilitas protected profile pada akun mereka dibandingkan laki-laki yang 36.4%.

Studi yang dilakukan oleh Beevolve ini juga memperlihatkan distribusi berdasarkan geografi dari pengguna Twitter. Dari 36 juta pengguna Twitter yang didata, paling banyak berasal dari AS (50.99%), sedangkan Indonesia ada di posisi 8 di atas Iran dan Irlandia dengan persentase 1.43%. Sebagai catatan, data Semiocast (bulan Juli 2012) mengatakan bahwa Indonesia berada di posisi 5 untuk pengguna Twitter paling banyak, analisis data dari 517 pengguna Twitter sampai dengan tanggal 30 Juni 2012).

Pengguna Twitter sendiri tahun ini ada lebih dari 500 juta pengguna aktif dengan 340 juta lebih Tweet yang dibagikan tiap hari. Meski studi ini masih jauh untuk menjangkau jumlah keseluruhan pengguna Twitter, namun data ini tentunya bisa menjadi bahan informasi yang berguna.

Sumber: Beevolve. Via: Mashable.