8 April 2015

by Yoga Wisesa

Dibekali Android, Printer Samsung Smart MultiXpress Akan Dongkrak Performa Bisnis

Diungkap di acara IFA Berlin 2014, Samsung Smart MultiXpress ialah produk pertama di kelasnya. Sebagai printer, ia sangat berbeda. Melalui Smart MultiXpress, Samsung tampak mencoba memadukan seluruh fungsionalitas bisnis dengan konsep mobilitas perangkat bergerak. Dan baru saja Samsung resmi membawa Smart MultiXpress ke Indonesia.

Ada dua model yang Samsung sediakan, X4300LX A3 Color dan K4350LX A3 Mono dengan hasil hitam-putih. Mereka diperuntukkan bagi lini perkantoran, dibekali teknologi cloud ditambah kemudahan pengoperasian tanpa membutuhkan aplikasi khusus di PC. Komponen paling spesial dalam Smart MultiXpress terletak pada perangkat mirip tablet tempat mengatur segala kemampuannya.

Di sana, printer akan menyuguhkan real preview sebelum dokumen dicetak. Tablet bersistem operasi Android tersebut juga bekerja secara mandiri. Anda bisa melakukan copy, send dan save. Konten itu tak harus bersumber dari PC, bisa juga dari website, e-mail dan lain-lain. Ia kompatibel ke bermacam-macam smart device. "Memiliki kecerdasan yang sama seperti perangkat mobile mutakhir lain," begitu deskripsi Samsung.

Info menarik: Dituding Mudah Bengkok, Samsung Rilis Video Tandingan Bend Test Duo Galaxy S6

Performa cetak-mencetaknya tidak kalah canggih. X4300LX dan K4350LX dilengkapi teknologi Dual-Scan ADF, memudahkan printer memindai dua sisi halaman sekalgus. Kemudian prosesor dual-core berkecepatan 1GHz disiapkan demi memastikan seluruh proses berjalan singkat. Samsung berjanji, fitur-fitur pintar tersebut tidak akan menyulitkan pengguna, terutama dalam akses dan pengelolaan.

Jangan cemas soal kualitas cetak Smart MultiXpress. Printer mempunyai teknologi unik bernama Rendering Engine Clean Page (ReCP), bertujuan supaya teks terlihat tajam berkat prosedur printing di resolusi tinggi, plus penambahan level legibility (keterbacaan) pada garis-garis tipis dan ujung huruf. Ada pula fitur penghilangan halftone (efek titik-titik) pada gambar.

Toner-nya sendiri memanfaatkan jenis berpolimer - lebih halus, dan mampu menyajikan partikel lebih seragam dibanding toner konvensional. Garis-garis dan detail jadi lebih tajam, serta tak ada lagi output kertas yang lusuh. Toner tersebut menyimpan campuran lilin lebih tinggi sehingga meningkatkan kesan glossy di gambar serta mencegahnya gampang pudar. Pemakaian tinta juga sangat efisien dan hemat.

Samsung menerangkan bahwa X4300LX dan K4350LX akan dipasarkan di harga kompetitif serta dapat 'disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan', tapi mereka belum memberikan berapa angkanya di press release.