1. Startup

Dicoding Umumkan Pemenang Mobile Game Developer Challenge 2015

Game Land on Stage dan Everyone Loves Monster menjadi pemenang dan berhasil menyisihkan 272 tim dari 28 provinsi se-Indonesia

Platform showcase developer Dicoding mengumumkan jajaran pemenang dari dua kategori utama kompetisi pengembangan game dengan tajuk Mobile Game Developer Challenge 2015 (MGDC). Game Land on Stage dan Everyone Loves Monster menjadi pemenang dan berhasil menyisihkan 272 tim dari 28 provinsi se-Indonesia.

Diselenggarakan selama bulan Januari hingga Maret 2015, MGDC diikuti oleh 192 tim pengembang pemula dan 82 tim pengembang profesional dari 28 provinsi di Indonesia. Tiap tim bersaing dalam kategori utama yakni MGDC Rookie, dan MGDC Professional. Selain dua kategori tersebut, MGDC juga memiliki empat kategori khusus yang dapat diikuti oleh seluruh pengembang rookie maupun profesional, yakni Action & Adventure, Puzzly & Trivia, Racing & Flying, serta Strategy.

Dalam kategori Rookie, tim dari Universitas Telkom Bandung merancang sebuah game dengan judul Land on Stage yang berhasil menarik perhatian dari jajaran tim juri. Sementara posisi kedua ditempati oleh game Adventure of Jalak yang dikembangkan oleh tim dari STMIK Primakara Denpasar.

Di kategori Professional, persaingan menjadi lebih ketat yang pada akhirnya tim juri memutuskan untuk memilih game Everyone Loves Monster. Game tersebut dikembangkan oleh Simpleton, sebuah startup IT asal kota Malang. Posisi runner-up untuk kategori ini direbut oleh game Sambung Kata karya pengembang asal Yogyakarta, Creacle Studio.

“Kami bangga dan kagum dengan kualitas game yang dibuat oleh para developer rookie maupun profesional di MGDC kali ini,” ungkap Developer Manager Intel Indonesia Firstman Marpaung, “Orisinalitas ide, inovasi dan teknik pemrograman yang digunakan dalam karya-karya mereka jauh melampaui ekspektasi kami.”

Pengembangan daya imajinasi dan kreativitas para peserta MGDC juga dapat dilihat dari game-game yang berhasil memenangkan penghargaan kategori khusus, antara lain game Lights Out untuk kategori Action & Adventure, Oniki untuk kategori Puzzle & Trivia, Pipo Peri Cinta untuk kategori game Racing & Flying, serta game Cody's App Academy, sebuah game yang diciptakan untuk membantu anak-anak mempelajari bahasa pemograman dengan cara yang menyenangkan.

Para pemenang berhak mendapatkan hadiah total yang telah disediakan oleh pihak Dicoding selaku penyelenggara yaitu 100.000 XP. Seperti yang telah diketahui sebelumnya, platform Dicoding memanfaatkan konsep gamifikasi demi menumbuhkan rasa kompetitif dan inovatif dari penggunanya. XP dapat dimanfaatkan oleh pengembang untuk mendapatkan gadget, review, dan hadiah-hadiah lainnya.

- Disclosure: DailySocial berinvestasi di Dicoding

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again