Di tengah gosip bahwa mereka akan meluncurkan perombakan besar-besaran pada websitenya, situs jejaring sosial berita Digg mengawalinya dengan meluncurkan iPhone app mereka.

Aplikasi ini dibuat oleh pihak ketiga yaitu Tap Tap dan dapat diunduh secara gratis dari iTunes store. Lewat app ini, pengguna bisa melihat daftar berita yang disubmit, nge-digg berita yang disukainya, membuka link ke berita, dan membaca komentar-komentar.

Seperti biasa yang kita temui pertama adalah deretan berita-berita yang dikirimkan oleh para penggunanya, yang jadi kekuatan utama Digg selama ini. Dari sini juga bisa pilih topik atau kategori atau mencari berita yang diinginkan.

Begitu kita pilih beritanya, Digg akan membuka halaman web tersebut di dalam aplikasi mereka. Di sini kita bisa nge-Digg, bury, atau kirim ke Twitter/Facebook/e-mail. Kita juga bisa ngeliat komentar-komentar yang masuk (dan biasanya cukup menghibur), tapi sayangnya ngga bisa nambahin komentar.

Satu fitur baru yang cuma ada di app ini adalah nge-save tautan berita-berita yang kita suka, tapi belum sempet baca, misalnya. Sayangnya yang di-save cuma daftar tautannya aja, ngga sama isi halamannya. Padahal bisa berguna tuh buat yang pake iPod touch dan bergantung sama koneksi wi-fi (kayak gue, maksudnya)

Sebenarnya cukup aneh juga kenapa Digg baru ngeluarin iPhone app-nya sekarang, mengingat founder mereka Kevin Rose adalah penggila Apple sejati. Bahkan selama ini halaman mobile-nya Digg pun sangat berorientasi pada navigasi sentuh iPhone, sehingga gue kalau pake handphone standar lebih suka buka Diggriver yang notabene bukan buatan Digg.

Pertanyaan lainnnya adalah apakah app ini merupakan pembuka untuk aplikasi mereka di iPad? Yang jelas sih mereka lagi buka kontes berhadiah iPad limited edition Digg tuh (yang kayak ginian lagi heboh banget ya, baik di luar maupun di sini :P). Moga-moga aja segambreng device berlayarsentuh yang bakal membanjir di tahun ini ngga dilupain sama mereka.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again