1. DScovery

Digital Marketing: Pengertian Hingga Strategi Digital Marketing untuk Bisnis

Konsep dan penerapan digital marketing merupakan hal yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk suatu brand. 

Dengan banyaknya media digital di sekitar kita, jelas bahwa digital marketing adalah metode pemasaran yang sangat efektif. Media digital marketing mencakup saluran komunikasi yang sering dijumpai baik melalui internet maupun jaringan lain seperti telepon dan televisi.

Banyak perusahaan yang kini mulai saling bersaing untuk memaksimalkan kampanye mereka di dunia digital. Tapi apa alasannya? Mengapa strategi digital marketing ini begitu lazim sekarang?

Nah, artikel ini tidak hanya akan menjelaskan apa itu digital marketing, tapi juga kelebihannya dibandingkan dengan teknik marketing lainnya dan strategi digital marketing yang harus kamu gunakan untuk meningkatkan penjualan.

Apa Itu Digital Marketing?

Dalam bahasa Indonesia, pengertian digital marketing adalah pemasaran digital. Strategi ini memungkinkan kamu untuk mempromosikan dan menjual produk di berbagai media digital.

Pernahkah kamu melihat iklan saat mengunjungi situs web? Atau pernah melihat iklan di TV? Atau bahkan mendapat telepon dari departemen penjualan perusahaan? Betul, namanya digital marketing leonbet casino.

Lebih lanjut menurut para ahli,. digital marketing adalah penggunaan perangkat, didukung oleh teknologi digital dan koneksi internet, untuk mencapai tujuan pemasaran (Rob Thompson dari Trendjackers).

Oleh karena itu, definisi digital marketing dapat diringkas sebagai kegiatan pemasaran yang menggunakan jaringan dan teknologi digital untuk mencapai tujuan pemasaran tertentu.

Kini, beberapa perusahaan sudah mulai mengadopsi sistem online untuk menjangkau pelanggan dalam skala yang lebih besar. Pengguna internet yang mencapai 59,5% di seluruh dunia juga mendorong pertumbuhan platform e-commerce dan transaksi online lainnya.

Keunggulan Strategi Marketing

Sekarang kamu harus memiliki gambaran tentang mengapa strategi pemasaran digital sangat efektif sekarang. Nah, di bawah ini kita akan membahas lebih dalam mengenai keunggulan digital marketing yang menjadikannya sebagai strategi pemasaran yang efektif saat ini.

1. Website

Website berperan sangat penting dalam menunjukkan profesionalitas suatu perusahaan dengan membantu konsumen mendapatkan informasi tentang perusahaan kamu, iklan yang terjangkau dan media bisnis yang mudah.

2. Search Engine Marketing

Tujuannya agar website perusahaan mudah ditemukan di mesin pencari.

Pemasaran mesin pencari dibagi menjadi search engine optimisation (SEO) dan search engine marketing (SEM). SEO dilakukan secara internal yang membutuhkan waktu lebih lama dan lebih murah, sedangkan SEM berbayar tetapi lebih cepat.

3. Social Media Marketing

Sebarkan berita di platform media sosial seperti Facebook dan Twitter karena dapat dilakukan dengan biaya rendah atau bahkan gratis.

Tentunya hal ini dapat memperkuat brand perusahaan.

4. Online Advertising

Beriklan untuk media melalui Internet dengan biaya tertentu. Ini bisa membuat konsumen lebih cepat dan bahagia, tapi sedikit lebih mahal dari tipe sebelumnya.

5. Email Marketing

Mereka dapat memberikan informasi terbaru tentang kampanye yang sedang berlangsung atau produk atau layanan terbaru.

6. Video Marketing

Dengan cara ini kamu langsung menjelaskan tentang bisnis kamu, menjelaskan produk dan penerapannya, serta menyajikan pengalaman pelanggan.

Strategi Digital Marketing

Sekarang setelah kamu mengetahui pengertian dan memahami beberapa konsep dasar pemasaran digital, apakah kamu berkeinginan untuk mencobanya?

Untuk memulai marketing melalui media digital, kamu qperlu menyiapkan beberapa hal.

Pertama, siapkan alat yang digunakan dalam pemasaran. Beberapa alat yang dapat digunakan dalam pemasaran digital seperti:

More Coverage:

Situs web, akun media sosial, identitas merek dan produk, unggahan blog, jejak online (ulasan, umpan balik pelanggan, dll.). Dalam dunia pemasaran digital, alat-alat ini merupakan aset bagi kamu, jadi jagalah dengan baik.

Kedua, buat konten yang menarik perhatian dan dapat dibagikan. Isinya bisa berupa foto, video, tulisan atau yang lainnya. Kamu juga perlu menentukan tujuan pemasaran dan target pasar yang disesuaikan dengan konten kamu

Ketiga, kamu bisa mulai mengunggah lalu mengevaluasi setiap unggahan di masing-masing media sosial, menentukan mana yang menghasilkan komentar dan fokus pada beberapa konten yang menghasilkan reaksi baik untuk bisnis kamu.

Langkah selanjutnya yang bisa diambil adalah pergi ke forum publik pasar dan bergabung. Pastikan profil perusahaan kamu bagus karena memengaruhi citra brand kamu.

Nah, digital marketing adalah strategi pemasaran yang benar-benar ampuh. Jadi cobalah luangkan waktu untuk mempelajari digital marketing dan tingkatkan keterampilan kamu di bidang ini agar bisnis kamu bisa lebih efisien dan mendapatkan hasil yang lebih banyak. Semoga membantu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again