Layanan e-commerce produk consumer electronic Dinomarket telah hadir di Indonesia sejak 9 tahun yang lalu. Dari sisi profit hingga pengguna, Dinomarket yang sebelumnya telah memperoleh pendanaan Seri A sebesar $6 juta ini, sejak awal mencoba cukup konsisten dengan konsep sebagai perusahaan yang harus selalu sehat. Tahun ini mereka menjanjikan inovasi platform dan pembayaran.

Kepada DailySocial, Founder dan CEO Dinomarket Victor Wiguna menyampaikan beberapa informasi terkini serta rencana yang ingin diimplementasikan Dinomarket sepanjang tahun 2017.

Perjalanan bisnis usai BEP (Break even point)

Tahun 2015 Dinomarket dinyatakan sebagai satu-satunya layanan e-commerce di Indonesia yang telah mencapai BEP, suatu kondisi langka di kalangan startup e-commerce. Usai BEP tersebut tercapai, Dinomarket masih menjalankan bisnis secara mandiri terhadap semua kegiatan bisnis yang dilakukan.

“Dengan semua kegiatan bisnis yang kami lakukan, kami mampu menghidupi semua operasional perusahaan bahkan kami tetap mampu melakukan inovasi-inovasi yang akan membawa Dinomarket ke next level yang lebih hebat,” kata Victor.

Victor menambahkan seberapa penting profit bagi bisnis e-commerce kembali kepada tujuan bisnis dari setiap perusahaan. Masih banyak yang menyebutkan profit dan growth tidak bisa berjalan berbarengan, artinya perusahaan harus bisa menentukan prioritas tersebut.

“Tapi bagi kami, kami percaya sebuah perusahaan haruslah sehat terlebih dahulu baru kemudian bisa bertumbuh.”

Rencana Dinomarket tahun 2017

Dinomarket sendiri selama ini dikenal banyak menggandeng distributor dan principal resmi untuk produk-produk elektronik.  Dinomarket juga telah dipercaya untuk mengelola penjualan online produk flagship Samsung sejak 3 tahun yang lalu, dan juga brand lainnya.

“Ke depannya kami akan membantu ribuan brand untuk menembus pasar online yang lebih besar. Selain menyediakan platform dan layanan, Dinomarket sendiri telah memiliki 77 alternatif metode pembayaran yang paling lengkap dan canggih. Semua teknologi yang kami miliki akan menjadi kebutuhan yang besar bagi brand lain untuk menembus pasar online,” kata Victor.

Minimnya kegiatan pemasaran yang dilancarkan Dinomarket diklaim tidak mempengaruhi jumlah pembeli yang baru hingga repeat order.

“Kami tidak perlu beriklan bolak-balik agar ada pembeli yang datang untuk berbelanja. Pembeli kami selalu kembali tanpa iklan. Pengalaman berbelanja para pembeli dan kesuksesan para merchant kami menjadi pendukung utama bisnis kami bergulir, berhasil dan bertumbuh,” kata Victor.

Terkait tren pengiriman super cepat yang saat ini makin dicari oleh pembeli, Dinomarket sendiri telah memasang tagline “Pesan Pagi Terima Sore” sejak tahun 2011. Kepuasan pembeli terkait dengan layanan tersebut juga telah disampaikan dalam bentuk foto dan testimoni secara langsung di Dinomarket.

“Umumnya setiap orang  yang melakukan belanja online cenderung tidak sabar ingin cepat cepat mendapatkan barang belanjaannya. Dan pengalaman bisa mendapatkan barang belanjaannya dalam waktu singkat itu menjadi pengalaman yang berharga bagi pembeli,” kata Victor.

Masih banyak rencana yang ingin diwujudkan oleh Dinomarket, salah satunya adalah pengembangan bisnis model berfokus kepada platform dan pembayaran.

“Di tahun 2017 ini, kami akan melakukan inovasi yang cukup signifikan, akan ada pengembangan bisnis model yang sangat menarik. Tentu tidak jauh dari core bisnis e-commerce dan masih berfokus kepada platform dan payment. Terus ikuti terus saja perkembangannya sepanjang tahun ini.”

Application Information Will Show Up Here