12 March 2015

by Bambang Winarso

Dirombak Habis-Habisan, Nova Launcher Versi Beta Kini Full Material Design

TeslaCoil Software selaku pengembang aplikasi Nova Launcher sedang mempersiapkan rombakan besar-besaran untuk aplikasi pengganti home screen-nya tersebut. Meski versi beta-nya saat ini sudah bisa dicicipi, namun belum diterapkan di versi standar yang terdapat di Play Store.

Jika sebelumnya Nova Launcher hanya menerapkan Material Design di bagian animasi dan drawer aplikasi, di versi beta Nova Launcher ini pengembang sudah menerapkan Material Design secara menyeluruh. Memastikan pengguna dapat menikmati tampilan launcher dan elemen-elemennya dengan desain yang lebih adem dan responsif.

Full Material Design hanya satu dari sederet fitur baru yang dihadirkan oleh pengembang. Ada banyak hal baru yang makin memanjakan pengguna. Misalnya perubahan pada panel kustomisasi yang lebih lengkap dan juga tampilan keseluruhan aplikasi yang lebih berwarna.

Info Menarik:Ini 5 Game Terbaik 2015 Yang Bisa Segera Anda Mainkan

Sentuhan animasi baru membuat setiap interaksi pengguna ke perangkat makin hidup, plus dalam pilihan yang lebih beragam dari sebelumnya. Pengembang kemudian menempatkan Google Search dengan tampilan yang lebih kalem dan menyatu dengan latar. Icon dan Nova action icon juga ditambah sehingga lebih banyak pilihan. Dari panel setting pengguna juga dapat mengatur ukuran, jenis huruf dan layout icon di halaman Home, drawer, dock dan juga folder hingga ukuran maksimal 150%.

Mengakomodasi kebutuhan pencarian, Nova menambahkan widget search yang juga dapat dioperasikan dengan menekan drawer, semudah mengganti warna indikator halaman atau menghapus halaman Desktop yang tidak perlu.

Yang menarik, Nova Launcher juga mendukung panel profil Android for Work, fitur baru yang diperkenalkan oleh Google beberapa saat yang lalu. Nova Launcher juga mendukung hingga 9 halaman desktop dan pilihan untuk menampilkan drawer tab atau tidak.

Mengedit folder juga makin mudah karena penggunt tidak perlu repot mengedit satu per satu seperti sebelumnya, melainkan sudah bisa dilakukan sekaligus dengan mengakses panel khusus di Folder – Menu – Select Apps.

Info Menarik:Blendtec Connect Food Prep System Ingin Mengotomatisasi Dapur Anda

Berikut adalah tampilan screenshot perubahan yang dihadirkan oleh Nova Launcher versi beta.

Sumber berita PhoneArena.