27 February 2015

by Oki Rosgani

Gandeng BlackBerry, Google Rilis Layanan Android for Work

Google seakan tidak pernah kehabisan ide untuk merilis suatu layanan, hal ini juga menunjukan ambisinya untuk terus menguasai ranah bisnis yang tengah digelutinya. Baru-baru ini Google telah merilis sebuah layanan baru untuk Android yang mereka sebut sebagai Android for Work.

Layanan ini lebih ditujukan bagi kalangan korporasi dimana para pengguna dapat memanfaatkan perangkat Android untuk mengakses informasi di lingkungan perusahaan mereka. Hal ini sejalan dengan apa yang pernah dipaparkan oleh Google pada perhelatan Google I/O tahun 2014 lalu.

Karena fitur keamanan menjadi isu yang paling krusial dan selalu mendapat perhatian ketika sebuah perangkat mobile diboyong kedalam lingkungan perusahaan, untuk itu Google telah berkomitmen untuk mengadopsi teknologi keamanan yang mengoptimalkan perangkat Android di ranah bisnis.

Untuk melancarkan upaya tersebut, Google telah menggandeng sejumlah perusahaan diantaranya adalah BlackBerry serta beberapa perusahaan lain seperti  Box, Citrix, VMware, HTC, LG, Sony, Adobe, dan Huawei.

Dukungan BlackBery diperlukan sehubungan adanya fitur keamanan dan manajemen aplikasi di perusahaan yang telah lama dimiliki oleh perusahaan asal Kanada ini melalui layanan BlackBerry Enterprise Server (BES), dalam hal ini pihak BlackBerry telah menggunakan aplikasi BES 12 versi terbaru.

Seperti yang dikutip dari Engadget, anehnya Samsung tidak disebut sebagai salah satu perusahaan yang hadir untuk menyokong layangan ini, setidaknya pada saat diluncurkan sekarang. Meski demikian Samsung tetap menjadi mitra atas program Android for Work.

Informasi Menarik:  Moto E Generasi Kedua Resmi Diluncurkan Dalam Dua Varian 3G dan 4G, Harga Tetap Murah

Lantas apa yang ditawarkan oleh layanan Android for Work bagi pengguna? Selain menawarkan fitur keamanan dengan enskripsi penuh secara default, terdapat pula dukungan untuk penggunaan secara multi-user dan tambahan keaman SELinux. Dengan adanya fitur ini, para pengguna bisa memisahkan data dan aplikasi pribadi mereka dengan data dan aplikasi perusahaan.

Sayangnya, fitur multi-user hanya bisa dinikmati oleh mereka yang telah menggunakan perangkat Android 5.0, sementara bagi para pengguna perangkat dengan sistem operasi Android 4.0 ICS sampai KitKat bisa menggunakan aplikasi Android for Work. a

Ada pula Google Play for Work, fitur ini memungkinkan bagi perusahaan untuk membagikan sebuah aplikasi kepada karyawannya dari portal khusus yang dimiliki oleh perusahaan.

Menariknya, layanan Android for Work juga telah hadir bersama aplikasi pendukung lainnya yang biasa digunakan di lingkungan perusahaan, beberapa aplikasi tersebut diantaranya adalah aplikasi e-mail, kontak, kalender yang mendukung Exchange serta Notes. Serta kemampuan untuk  pengolah kata, spreadsheet dan juga pengolah presentasi.

Informasi detail mengenai layanan Android for Work bisa Anda akses melalui situs resmi mereka pada tautan ini.

Sumber: 1, 2 | Gambar Header: Android Official Blog.