1. Lifestyle

Disney Ajak Anak-Anak Belajar Programming Bersama Moana

Merupakan bagian dari inisiatif Hour of Code

Dalam beberapa tahun terakhir, belajar programming menjadi jauh lebih mudah berkat inisiatif seperti Hour of Code. Demi menjangkau segala umur, Code.org selaku penggagasnya juga telah mengajak sejumlah mitra ternama sehingga peminatnya pun makin banyak.

Salah satu yang terbaru adalah Disney. Studio bermaskot Mickey Mouse tersebut baru saja merilis film animasi baru berjudul Moana, dan bersamaan dengan filmnya, hadir pula sebuah tutorial coding berjudul Moana: Wayfinding with Code.

Tutorial ini dimaksudkan supaya anak-anak bisa belajar dasar-dasar pemrograman, disajikan lewat tampilan interaktif untuk semakin memikat hati anak-anak. Menurut CEO Code.Org, Hadi Partovi, anak-anak akan lebih tertarik belajar ilmu komputer jika menyangkut topik yang mereka sukai, seperti karakter-karakter Disney misalnya.

Ini bukan pertama kalinya Disney berkolaborasi dengan Code.org. Sebelumnya, mereka sudah merilis proyek serupa di bawah franchise Frozen dan Star Wars. Keduanya diklaim mampu menjaring lebih dari 40 juta pelajar, dan Moana pun tentunya akan semakin meningkatkan jumlah tersebut.

Moana: Wayfinding with Code / Screenshot

Dalam Moana: Wayfinding with Code, anak-anak akan diajak untuk mengendalikan duo protagonis dalam film, Moana dan Maui. Selagi berlayar di laut, mereka harus menyelesaikan tantangan seperti memancing ikan sampai bertarung melawan bajak laut.

Untuk menyelesaikan setiap tantangan, anak-anak diminta untuk memberikan sejumlah instruksi seperti "gerak maju" atau "belok kanan" dengan cara drag-and-drop ketimbang harus mengetikkan kode demi kode. Sekali lagi, tujuannya adalah untuk mengajarkan konsep dasar programming, sebelum mereka mempelajarinya lebih dalam lagi.

Disney pun ingin tutorial ini bisa menjangkau sebanyak mungkin pelajar. Maka dari itu, mereka sudah merilisnya di 180 negara dan dalam 23 bahasa, Bahasa Indonesia termasuk. Untuk mencobanya sendiri, silakan buka situs Moana: Wayfinding with Code di browser komputer.

Sumber: TheNextWeb.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again