Categories

Gadget

DJI Inspire 1, Robot Terbang Dengan Desain Futuristik Berbekal Kamera 4K

Yoga Wisesa - 13 November 2014

Kehadiran robot terbang atau drone di wilayah videography membuka kesempatan baru bagi para sineas film dalam berkarya. Selain itu, atlet olahraga ekstrim dan outdoor adalah khalayak yang paling gembira karena ketersediaan produk-produk ini. Dan saya yakin mereka akan lebih bersemangat lagi setelah mengetahui kecanggihan DJI Inspire 1.

Dalam hal meracik drone, DJI dikagumi serta disegani oleh kompetitornya. Reputasi mereka diperkuat oleh beberapa rancangan robot terbang semisal Spreading Wings dan seri Phantom. Namun Inspire 1 merupakan lompatan sangat besar di bidang desain, sistem kontrol, dan teknologi kamera. Inspire 1 menyuguhkan fitur-fitur yang tadinya hanya ada pada drone mahal berukuran raksasa.

Bentuk Inspire 1 menyerupai helikopter futuristik di film-film fiksi ilmiah. Desain tersebut bukan sekedar ditujukan untuk estetika, tapi juga diusung agar aerodimanis. Jika drone terbang dengan stabil, maka hasil foto atau video akan maksimal. Inspire 1 memanfaatkan sistem quad-copter atau empat baling-baling, diusung dari kombinasi material logam dan karbon.

Lengan baling-baling akan terangkat ketika ia lepas landas. Kamera berada di bagian bawah, memiliki sistem engsel yang memungkinkannya bergerak bebas. Berkat rancangan modularnya, pengguna bisa mudah melepas dan merakit DJI Inspire 1, dan memberikan kesempatan upgrade di waktu ke depan. Fleksibilitas adalah faktor yang tak kalah penting dalam sebuah drone.

DJI Inspire 1 02

 

Info menarik: Ini Dia Nixie, Kamera Wearable Menyerupai Jam Tangan yang Bisa Terbang

 

Primadona dari DJI Inspire 1 ialah kemampuan kameranya. Ia dibekali sistem kamera beresolusi 4K, merekam di 24 hingga 30 frame rate. Ada pula opsi full-HD 1080p dengan 24 sampai 60 frame rate. Kamera tersebut menggunakan sensor CMOS berukuran 1/2.3-inci, lensa wide-angle 94 derajat, bisa bergerak di tiga poros. Untuk still sendiri, Anda ditawarkan kualitas gambar layaknya kamera bersensor 12-megapixel.

DJI Inspire 1 dapat dioprasikan oleh dua orang melalui controller terpisah. Satu orang bertanggung jawab pada penerbangan dan rute perjalanan, dan seorang lagi akan mengendalikan arah kameranya. Tiap user mendapatkan layar terpisah, menyajikan video display 720p. Inspire 1 mampu terbang hingga jarak 2 kilometer, dibekali teknologi pendaratan serta lepas landas otomatis. Lalu sistem GPS membuatnya mengetahui posisi sang pilot.

Anda bisa membeli satu set Inspire I seharga US$ 2.800, sudah termasuk spare baling-baling, adaptor dan kabel charger, controller, serta satu unit drone unik tersebut. Controller dapat disambungkan ke perangkat mobile sebagai monitor kokpit real-time.

Sumber: Dji.com. Via The Verge.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id