Categories

Review

Dompet Sehat Sediakan Platform Online Kelola Keuangan Pribadi

Aditya Daniel - 16 October 2014

Di era teknologi maju seperti sekarang ini, kebutuhan pengaturan keuangan pribadi bisa dilakukan pula dengan mudah melalui perangkat teknologi terkini. Tersedia mulai dari rupa aplikasi hingga situs yang memungkinkan pengguna mengatur anggaran pengeluaran sekaigus mencatat pengeluaran ataupun pemasukan yang diterima. Seperti halnya pada situs Dompet Sehat, sebuah startup yang menjadi finalis dari ajang pencarian startup GITR ini menyediakan situs jasa layanan pengatur keuangan meski saat ini masih dalam tahap beta.

Meski masih dalam tahap pengembangan lebih lanjut, fungsi Dompet Sehat telah dapat digunakan secara prima, meski beberapa fungsi pendukung masih terdapat beberapa bug serta beberapa tautan yang belum dapat diakses. Menggunakannya cukup mudah, pengguna tinggal melengkapi form pendaftaran yang tersedia maka Dompet Sederhana langsung dapat digunakan. Tentu saja setelah pengguna memverifikasi akunnya lewat email yang dikirimkan.

Pengguna dapat menambahkan sumber uang yang dimiliki, semisal dari tabungan, dompet, ataupun sumber lain yang dapat disesuaikan dengan kondisi yang sebenarnya. Anggaran-anggaran seperti makan keluarga, bayar tagihan, transfer, dll dapat dialokasikan saat pertama kali menggunakan layanan ini. Nantinya pengguna tinggal mencatat pengeluaran yang dilakukan maka Dompet Sehat secara otomatis platformnya akan mengurangi dari pos anggaran yang sesuai.

Dompet Sehat juga dapat mengetahui jumlah rekening yang terdapat dalam tabungan penggunanya apabila pengguna menambahkannya dengan mengisi form login seperti pada layanan internet banking yang disediakan. Meski belum mendukung banyak bank, namun setidaknya nasabah bank BCA, BNI, dan Mandiri sudah dapat menambahkan data ke dalam akun Dompet Sehat yang dimiliki.

Dompet Sehat mengklaim, layanannya hanya membaca data dari rekening bank yang dimasukkan penggunanya. Seperti yang tertera dalam halaman FAQ, kegiatan yang dilakukan di Dompet Sehat pun dimonitor dan diverifikasi oleh TRUSTe, Verisign dan Hackersafe serta didukung keamanan RSA.

Dari sekian fungsi yang ditawarkan, Dompet Sehat memiliki peluang yang cukup baik untuk bisa bertumbuh dan diminati oleh banyak pengguna yang membutuhkan platform pengatur keuangan secara prima. Bagi Dompet Sehat, fokus pada perbaikan situs serta pembenahan bug yang masih muncul bisa jadi hal yang diprioritaskan oleh tim Dompet Sehat dalam waktu dekat. Sembari mengembangkan inovasi model bisnis demi menyempurnakan platformnya.

[ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter