1. Startup

DompetSehat dan Manulife Asset Management Berkolaborasi untuk Perluas Kesadaran Investasi Reksa Dana

Membuka kanal penyatuan API masing-masing perusahaan, ditargetkan boyong 100 ribu pengguna baru

Pengembang aplikasi finansial personal dengan layanan analisis dan otomatisasi DompetSehat menjalin kemitraan khusus dengan Manulife Asset Management Indonesia (MAMI). Kerja sama menyepakati kedua belah pihak untuk saling membuka API untuk memaksimalkan penetrasi pengguna. Hal ini memungkinkan pengguna DompetSehat membuka layanan reksa dana Manulife melalui sistem yang dimiliki. Menjadi sebuah babak baru dalam startup fintech, karena ini menjadi sebuah kerja sama pemula antara startup dengan perusahaan finansial incumbent.

Menurut paparan Founder dan CEO DompetSehat Ibnu Hajar Ulinnuha, penetrasi pengguna reksa dana di Indonesia masih tergolong sangat kecil. Selama 20 tahun industri berkibar, baru ada sekitar 400 ribu rekening reksadana di masyarakat. Dengan visi-misi yang sama, keduanya sepakat untuk meningkatkan investasi model reksa dana dengan pendekatan digital.

DompetSehat merupakan aplikasi yang memberikan rekomendasi keuangan, termasuk ketika pengguna menginginkan untuk memiliki sesuatu. Salah satunya kebutuhan investasi. Melalui DompetSehat, pengguna yang menginginkan kepemilikan investasi akan diberikan rekomendasi, besaran uang yang harus disisihkan selama sebulan, hingga besaran investasi yang disarankan. Ketika memilih investasi reksadana, pengguna akan dihubungkan kepada produk yang dimiliki Manulife.

Melalui aplikasi DompetSehat, pengguna juga dapat melakukan monitoring jumlah saldo dan transaksi reksadana yang telah dimiliki secara otomatis. Aplikasi DompetSehat juga mampu terhubung dengan berbagai layanan keuangan, termasuk mencatat pengeluaran dan pemasukan langsung dari sistem bank.

Target kerja sama ini adalah di tahun ini setidaknya mampu menjaring 100 ribu pengguna baru. Tantangannya pada edukasi dan pemasaran produk yang tepat di kalangan masyarakat. Hasil survei MAMI di tahun 2016 mengenai tingkat persepsi masyarakat terhadap investasi menyebutkan sebanyak 66% mengatakan bahwa mereka tahu mengenai investasi, sementara sisanya menjawab tidak tahu.

Dari sisi DompetSehat, selain memperluas cakupan layanan, Ibnu menyampaikan kerja sama ini diharapkan mampu menjadi media penyebaran informasi tentang DompetSehat, terutama melalui kanal MAMI. Saat ini (per akhir tahun 2016) pengguna DompetSehat sudah berada di angka 10 ribu pengguna aktif.

Versi beta aplikasi DompetSehat-GO

DompetSehat sebelumnya pernah mengumumkan pengembangan aplikasi baru DompetSehat-GO yang didesain untuk mendukung profesi perencana keuangan, analis kredit, konsultan pajak, dan agen asuransi memberikan pelayanan. Saat ini aplikasi sedang disiapkan dalam tahap beta. Pihak DompetSehat masih menggencarkan potensi partnership dengan calon agen yang akan mengisi aplikasi tersebut.

DompetSehat-GO didesain untuk mengakomodasi konsultasi dari berbagai profesi. Dengan menghadirkan user experience ala media sosial, layanan ini diharapkan mampu menumbuhkan ekosistem jasa keuangan terpadu berbentuk aplikasi.

“Saya cukup optimis dengan fintech di Indonesia. Sementara saat ini yang sudah menunjukkan potensi besar adalah lending. DompetSehat posisinya ada di tengah di antara pemain yang lain ... saat ini DompetSehat terus memperluas kemitraan, selain dengan para perencana finansial, kini juga tengah menjajaki kemitraan yang lebih luas dengan perbankan,” pungkas Ibnu.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again