1. DScovery

Down Payment: Pengertian, Cara Kerja, dan Keuntungannya

Down payment adalah cara pembeli mengamankan properti pembelian dan cara penjual memastikan pembeli akan tetap terus membayar. 

Apakah kamu ingin membeli produk secara kredit? DP merupakan syarat yang harus dibayarkan pada awal pembelian produk.

Uang jaminan ini biasanya dibutuhkan saat ingin mengembalikan barang atau barang berharga yang nilainya cukup tinggi.

Bahkan saat kamu membeli ponsel, ada beberapa toko atau perusahaan yang mengharuskan kamu membayar deposit terlebih dahulu untuk mengamankan pengirimannya.

Jika kamu tidak memahami down payment, jangan khawatir. Kami telah menyiapkan penjelasan mendetail tentang bagaimana down payment ini didefinisikan dan cara kerjanya.

Apa Itu Down Payment?

Down payment adalah pembayaran secara tunai yang dilakukan ketika kamu ingin membeli barang dan real estat yang cukup mahal secara kredit. Jika kamu ingin membeli aset mahal seperti kendaraan atau properti, kemungkinan besar sisanya akan dicicil.

Down payment adalah uang muka yang merupakan bagian dari total harga. Ini juga merupakan bagian dari harga pembelian dan tidak termasuk pinjaman apapun.

Meskipun tentu saja merupakan cicilan, down payment bertindak sebagai semacam jaminan kepada penjual bahwa kamu akan membayar sisa pembayaran. Sementara itu, uang muka bagi pembeli berfungsi untuk mengamankan barang atau jasa yang dibeli agar tidak diambil alih atau dibeli oleh orang lain.

Dalam beberapa kasus, kamu mungkin dapat menerima down payment kembali jika pembelian benar-benar dibatalkan dan barang atau jasa yang dibeli tidak digunakan. Meskipun biasanya down payment yang dikembalikan tidak penuh, tetapi hanya beberapa persen.

Cara Kerja Down Payment

Prinsip kerja down payment adalah semakin besar nominal yang kamu bayarkan di awal, semakin kecil cicilan yang harus kamu bayarkan kemudian. Meskipun begitu bunga yang harus dibayar setiap bulan pada pelunasan.

Semakin kecil jumlah pembayaran yang harus dilakukan, semakin rendah pula bunga yang harus dibayarkan nantinya.

Keuntungan Down Payment

Jika kamu ingin membayar down payment biasanya kamu memiliki dua opsi. Bayar DP dalam jumlah besar atau kecil. Berikut beberapa keuntungan besar kecilnya down payment.

1. Keuntungan Down Payment Besar

• Suku bunga rendah

Jika kamu melakukan down payment muka dalam jumlah besar, otomatis kamu akan menerima bunga yang lebih rendah. Sehingga kamu dapat mengurangi pengeluaran kamu dalam jangka panjang dengan membayar bunga selain pembayaran bulanan.

• Pembayaran lebih kecil per bulan

Tidak hanya suku bunga rendah karena kamu menyetor cukup banyak uang pada awalnya, sisa yang harus kamu bayar dengan cicilan juga rendah.

• Mendapatkan kepercayaan untuk melakukan kredit di lain waktu

Uang muka yang tinggi juga dapat membantu kamu mendapatkan kepercayaan dari kreditur. Ini pasti akan membantu jika kamu memutuskan untuk membiayai kembali nanti.

2. Keuntungan Down Payment Kecil

• Mendapatkan barang dengan biaya minim

Dengan membayar down payment dengan cicilan kecil, kamu bisa mendapatkan barang dengan uang yang tidak terlalu banyak

• Cicilan sesuai dengan anggaran yang kamu miliki

Walaupun pembayarannya lebih tinggi dan jangka waktunya lebih panjang, kamu tetap bisa membayarnya sesuai budget yang tersedia.

• Masih ada sisa uang untuk keperluan lain

Jika kamu membayar down payment kecil, kamu masih punya uang untuk hal atau kebutuhan lain. Selain itu, kamu dapat menyimpan setidaknya satu cadangan darurat.

Dana darurat bisa digunakan untuk banyak hal. Misalnya, untuk perbaikan rumah dan untuk menutupi pengeluaran tak terduga. Ini pasti dapat membantu kamu mengelola keuanganmu.

• Bisa melakukan pembelian lebih cepat

Tentu saja, jika kamu harus mengumpulkan sekitar 20% dari dana untuk hipotek, kamu membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mengumpulkannya. Bagi sebagian orang, nilai-nilai tersebut mungkin tidak sulit. Namun, sebagian lainnya menghadapi kesulitan dan bahkan membutuhkan waktu puluhan tahun untuk mengumpulkan uang tersebut. Setoran kecil mempercepat proses pembelian.

Itu dia penjelasan mengenai down payment. Semoga bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again