Categories

Review

Drag n Drop File di Gmail

Wiku Baskoro - 19 April 2010

Event Chirp yang diselenggarakan oleh Twitter sepertinya memang mengambil banyak perhatian, baik itu user developer atau para pelaku startup termasuk yang lokal. Berita panas tentang ‘kemarahan’ para developer dengan beberapa perkembangan yang dilakukan Twitter, salah satunya akuisi Tweetie, adalah salah satu alasannya.

Tapi beberapa berita tentang aplikasi lain ternyata cukup menarik untuk tetap disimak. Salah satunya dari Google, setelah memberikan fitur ‘invitation’ yang merupakan integrasi antara Gmail dan Google Calendar, dan memungkinkan user untuk membuat Calendar event langsung dari Gmail, Google kembali menambahkan fitur lagi pada Gmail. Fitur baru yang diluncurkan Google ini memudahkan user untuk melakukan attachment dengan hanya melakukan ‘drag n drop’.

Biasanya  ketika anda melakukan attachment file, anda mengklik pilihan ‘attach a file’ yang ada dibawah tab judul email, nah dengan fitur baru ini, ketika anda sudah membuka folder file yang ingin di attach, maka anda tinggal memilih file yang anda inginkan kemudian men-drag-nya ke Gmail, dan arahkan file yang di drag ini ke halaman Gmail anda, maka akan muncul keterangan tentang fitur ini. Arahkan file yang anda drag ke bar yang terdapat notifikasi ini, maka file akan segera di attach.

Proses selanjutnya sama dengan ketika anda melakukan attachment standar bukan dengan fitur ‘drag n drop’, tunggu sampai Gmail selesai melakukan proses attachment, ini berlalu juga jika anda melakukan attachment untuk file selanjutnya.

Seperti yang disebutkan oleh Google di blog mereka, fitur ini di luncurkan untuk menghemat waktu para user, terutama mereka yang telah membuka folder file yang akan di attach. Fitur ini baru bisa dinikmati di browser Google Chrome dan Firefox 3.6 dan untuk Mac user malah bisa melakukan drag file dari folder di Dock. Untuk browser lain, Google menjelaskan bahwa mereka akan mengaktifkan fitur ini jika para pengembang telah mendukung fitur ‘drag n drop’ ini pada browser mereka.

Saya telah mencobanya di Firefox maupun Chrome dan semuanya berjalan lancar. Meski fitur ini merupakan fitur  ‘kecil’ yang diberikan Google di Gmail, namun ini akan memudahkan dan menghemat waktu user dalam melakukan proses attachment.

Bagaimana dengan anda, sudah mencoba fitur baru ini? Anda bisa share pendapat anda pada kolom komentar.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter