Dskon.com Mengagregasi 6 Situs Group Buying Lokal

Tidak hanya layanan group buying, daily deals atau penyedia kupon diskon yang bertumbuh pesat, layanan aggregatornya juga sepertinya mulai bertumbuh, SuperBestDeal adalah salah satu pemain di segmen ini, saya sendiri juga mendengar beberapa teman sedang mempersiapkan layanan serupa.

Dskon.com adalah juga layanan yang menyediakan fasilitas agregasi untuk berbagai layanan pembelian secara grup atau daily deals di Indonesia, Dskon menyediakan daftar dari 6 layanan group buying / daily deals yang mereka agregasi penawaran kupon diskonnya.

Di situs Dskon, pengguna bisa melihat berbagai penawaran dari Disdus, DealKeren, OgahRugi, Lapar, eVoucher, Valadoo. Ada satu daftar ShoppingClub yaitu Fashion Private, namun berhubung layanan diskon di situs ini tertutup hanya untuk pengguna, maka penawarannya tidak tersedia.

Dskon menyediakan fasilitas bagi pengguna untuk melakukan sortir berdasarkan kota, ketegori, situs, harga, diskon, dan waktu sisa dari penawaran yang sedang berlangsung. Sayangnya untuk sortir berdasarkan diskon, alih-alih menampilkan dari diskon terbesar ke terkecil, Dskon menampilkan diskon dari kecil ke penawaran diskon yang paling besar. Saya pikir akan lebih menarik jika diskon terbesar ditampilkan lebih dahulu.

Dskon merupakan bagian dari perusahaan international yang berbasis di Berlin, Jerman dan telah memiliki juga situs deal aggregator di negara lain seperti Turki (indirimlr.com) dan Italia (esaldi.it). Selain mengagregasi penawaran dari berbagai penyedia layanan kupon diskon, Dskon juga menyediakan blog yang berisi berbagai informasi, terutama seputar layanan diskon, lifestyle. Saya juga melihat beberapa artikelnya mengutip dari DailySocial.

Kalau melihat dari akun Facebook dan Twitter mereka, Dskon hadir sekitar bulan Maret 2011, layanan yang diberikan sepertinya juga baru sampai menyediakan agregasi dari berbagai layanan yang memberikan penawaran diskon dan memberi kemudahan untuk melakukan sortir berdasarkan kebutuhan pengguna.

Terus terang, masih banyak yang bisa dikembangkan dan yang harus diperhatikan dari layanan group buying / daily deals, tidak hanya menjadi tempat promosi dan menghadirkan penawaran saja, membangun hubungan baik dengan pelanggan maupun dengan merchant serta mengembangkan strategi jangka panjang adalah satu hal dari sekian banyak yang harus diperhatikan oleh layanan group buying / daily deals. Memang untuk layanan aggregator seperti Dskon atau SuperBestDeal, semakin banyak layanan kupon diskon semakin baik, hubungan akan baik selama mereka memberikan traffic pada situs yang mereka agregasikan. Namun bagi saya, sepertinya lebih seru jika mereka yang bermain segmen ini mengembangkan sesuatu yang inovatif dan membawa sistem yang sudah ada ke tahap selanjutnya.

[English version for this post]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again