Berkat reputasinya, Garmin dan Fitbit menjadi brand yang segera muncul di benak konsumen ketika mereka mencari fitness tracker. Namun berbicara soal pengalaman, Polar juga sudah berkecimpung di ranah pengembangan komputer olah raga selama puluhan tahun. Perusahaan asal Finlandia ini merupakan pencipta perangkat pelacak detak jantung wireless pertama.

Di hari Kamis kemarin, Polar Electro resmi memperkenalkan dua perangkat activity tracker baru, yaitu Vantage M untuk aktivitas multi-sport dan lari, serta Vantage V sebagai opsi premium. Kedua perangkat wearable ini dibekali sensor optik detak jantung jenis baru, memanfaatkan sembilan buah LED untuk menghasilkan panjang gelombang berbeda – via LED merah dan hijau. Metode ini membuat proses deteksi jadi lebih akurat.

Kemampuan unik lain dari Polar Vantage V dan M menyerupai kapabilitas tracking Stryd. Activity tracker bisa mengukur jumlah tenaga yang dihasilkan tubuh ketika berolahraga – mirip seperti bagaimana pesepeda mengetahui output watt tubuhnya. Ukuran ini dipercaya merepresentasikan perubahan intensitas latihan secara lebih akurat dibanding detak jantung, ideal untuk menakar interval dan menjaga kestabilan sewaktu berlari.

Proses penghitungannya dilakukan dengan memanfaatkan algoritma khusus, dikombinasikan bersama data barometer serta GPS. Fitur bertajuk ‘Running Power’ tersebut bahkan dapat mengkalkulasi beban otot, persendian serta tulang. Hebatnya lagi, Vantage diklaim mampu memonitor bobot latihan di tiap sesi, menghitungnya dalam durasi hari hingga jangka panjang. Pada akhirnya, wearable akan membantu pengguna menyadari batasan fisik mereka.

Polar 3

Vantage M dan V akan memberikan rekomendasi dan juga memperingatkan kita agar tidak berlatih berlebihan demi mencegah cedera dan kelelahan. Menariknya lagi, activity tracker bisa tahu jika Anda sedang stres dan dapat menyemangati kita saat momentum latihan mulai menurun.

Polar 1

Seperti fitness tracker high-end lain, Vantage M dan V mampu menakar jumlah pembakaran kalori dan tingkatan idealnya (berdasarkan tinggi, berat badan, umur dan jenis kelamin), kualitas tidur, hingga konsumsi oksigen maksimal saat berlatih (VO2max). Polar juga telah menyiapkan dukungan untuk lebih dari 130 jenis olahraga, bisa dikustomisasi via app Polar Flow.

Polar 2

Polar Vantage M dan V mempunyai desain yang cukup sederhana. Di sana ada layar always-on bundar berukuran 1,2-inci 240x240p di tubuh berdiameter 46mm, yang dipasangkan ke strap silikon. Activity tracker ini telah mendapatkan sertifikasi tahan air WR30, serta didukung baterai 320mAh dan konektivitas Bluetooth LE.

Vantage M dibanderol US$ 280, sedangkan Vantage V dijajakan seharga US$ 500. Keduanya sudah bisa di-pre-order melalui situs Polar, rencananya akan didistribusikan mulai bulan Oktober 2018 besok.

Via The Verge.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.