StartupGadget

Dua Keyboard Gaming Baru Razer Ini Tahan Tumpahan Air dan Bisa Suguhkan Tarian 16,8 Juta Warna

Perbedaan antara keduanya hanya terletak pada kehadiran underglow RGB.

Ketika makin banyak produsen keyboard gaming mengandalkan switch jenis mekanis, Razer ialah satu dari sedikit nama yang masih percaya diri pada performa papan ketik membran mereka. Kurang lebih setahun setelah memperkenalkan Ornata Chroma, perusahaan periferal gaming pimpinan Min-Liang Tan itu kembali memperkuat formasi segmen budget mereka dengan sepasang keyboard baru.

Minggu lalu, Razer memperkenalkan papan ketik bernama Cynosa Chroma dan Cynosa Chroma Pro. Kata Chroma pada nama kedua produk mengindikasikan bahwa mereka sudah dibekali sistem pencayahayaan RGB yang dapat dikustomisasi dan terinskron ke perangkat Razer lainnya. Tapi Cynosa juga dibekali satu fitur esensial, memastikannya siap menghadapi insiden-insiden tak terduga saat Anda sedang seru ber-gaming.

Keyboard ber-layout full-size ini menyimpan kemampuan tahan tumpahan air. Meski tak sepenuhnya kedap cairan, Cynosa bisa tetap bekerja normal setelah Anda (secara tak sengaja) menjatuhkan isi botol/gelas di atasnya. Razer memang tidak menjelaskan secara detail konstruksinya, namun ada indikasi kuat produsen memanfaatkan lekukan dan saluran untuk mengalirkan cairan ke luar sebelum sempat merusak komponen elektronik di dalam.

Cynosa Chroma dan versi Pro menyajikan desain yang familier. Lalu penggunaan dudukan keycap berdesain khusus di sana kabarnya membuat pemakaian papan ketik ini lebih nyaman, hening, solid, dan responsif dibanding keyboard membran lain. Razer juga menjamin proses pengendalian di dalam permainan jadi lebih akurat, apapun genre game yang Anda nikmati.

Cynosa Chroma tampaknya sengaja dirancang agar pemakaiannya tidak memerlukan wrist rest, dengan bagian depan yang dibuat menukik. Razer turut membekalinya bersama fitur anti-ghosting 10-key roll-over sehingga keyboard bisa membaca seluruh input saat jari tangan Anda menekan tombol.

Seperti biasa, konfigurasi dapat Anda lakukan sepenuhnya lewat software Razer Synapse. Melaluinya, Anda bisa memprogram ualng seluruh tombol, memanfaatkan fungsi macro, serta mempersonalisasi warna dan efek cahaya LED. Menakar fungsi dan fitur, kedua model keyboard boleh dibilang identik. Perbedaan antara Cynosa Chrome dan Cynosa Chroma Pro hanya terletak terletak pada aspek estetika.

Varian Pro keyboard ini memiliki bagian underglow RGB, membuatnya meja gaming Anda tampak meriah. Bagian tersebut mempunyai 24 zona terpisah, masing-masing bisa dikustomisasi.

Papan ketik Cynosa Chroma dan Cynosa Chroma Pro bisa dipesan sekarang di situs resmi Razer, masing-masing produk ditawarkan seharga US$ 60 dan US$ 80.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again