Categories

Gadget

Meluncur di Indonesia, Dua Laptop Dell XPS Baru Disiapkan Untuk Para Kreator Konten

Dua produk ini diramu khusus buat 'power user'.

Yoga Wisesa - 5 September 2018

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, perekonomian Indonesia tumbuh 5,06 persen di triwulan pertama tahun 2018, dibanding PDB di periode yang sama tahun lalu. Di sana, sektor ekonomi kreatif menyumbang 7,44 persen - dengan nilai mencapai lebih dari Rp 920 triliun. Inilah latar belakang yang menyemangati Dell untuk terus menyediakan perangkat penunjang kreasi di Indonesia.

Di tanggal 4 September kemarin, perusahaan komputer asal Texas itu meluncurkan dua notebook premium baru yang mereka siapkan untuk para power user: XPS 15 9570 dan XPS 15 2-in-1 9575. Dell menjelaskan bahwa power user adalah para pengguna komputer berpengalaman yang telah memahami seluk beluk PC dan familier dengan segala fitur di sana. Para profesional di ranah kreatif masuk dalam kategori ini.

Sebagai produk flagship Dell, dua XPS anyar tersebut menjanjikan segala yang terbaik dari sisi desain, performa, display dan daya tahan baterai. Laptop menawarkan kinerja hardware tinggi untuk menciptakan konten serta siap jadi perangkat kerja ataupun hiburan sehari-hari. XPS 15 dan XPS 15 2-in-1 juga sudah ditunjang oleh Premium Support - terdiri dari servis di tempat, dukungan teknisi 24 jam selama seminggu penuh, hingga perbaikan buat kerusakan tak disengaja.

 

XPS 15 2-in-1 (9575)

Model yang meraih beragam penghargaan di CES 2018 dan Computex 2018 ini diklaim Dell sebagai PC convertibel berlayar 15,6-inci paling kecil dan paling ramping, dengan performa hardware tertinggi di kelasnya. XPS 15 9575 dibekali sepasang engsel putar 360 derajat, memungkinkannya menyajikan empat mode pemakaian: laptop, tent, 'reverse ' dan tablet.

Tubuh serta bagian engsel dibuat dari bahan aluminium yang dipotong secara presisi. Selanjutnya, Dell memanfaatkan material serat karbon di bagian dalam demi memastikan konstruksinya tangguh sembari meminimalkan bobot. Produsen juga paham, penggunaan layar sentuh menuntut mereka untuk turut memerhatikan daya tahan panelnya. Buat memenuhinya, display laptop ini diproteksi oleh Corning Gorilla Glass 4.

Di dalam, Anda akan menemukan prosesor Intel Core i7-8705G, kartu grafis Radeon RX Vega M GL, RAM DDR4-2400 16GB, serta baterai built-in 75W yang memungkinkan notebook 2-in-1  ini menyala sampai 15 jam tanpa perlu tersambung ke sumber listrik. Pemilihan GPU AMD Vega cukup menarik, mengingat Nvidia sebetulnya sudah menyediakan kartu grafis berdesain Max-Q untuk laptop ultra-thin.

Untuk mendinginkan komponen-komponen di dalam, Dell memanfaatkan teknologi insulasi thermal GORE dan mengandalkan sepasang kipas lebar berbahan liquid crystal polymer. Via gyroscope dan accelerometer, laptop akan mengetahui mode pemakaian yang sedang Anda gunakan (misalnya tablet atau tent), dan menyesuaikan sistem pembuangan panasnya.

Aspek paling unik dari XPS 15 2-in-1 9575 terletak pada keyboard-nya. Dell menggati bagian kubah membran karet di papan ketik dengan sitem magnetic levitation plus konstruksi mirip sayap kupu-kupu. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi ketebalan keyboard tanpa mengorbankan kenyamanan. Di XPS 15 2-in-1, Dell berhasil memangkas ketebalan sebesar 24 persen.

XPS 15 9575 turut dibundel bersama Dell Premium Active Pen. Kombinasi stylus dan layar laptop memungkinkannya mendeteksi 4.096 tingkatan tekanan, sehingga sensasi menulis ataupun menggambar menggunakan 'pena aktif' tersebut hampir menyerupai menggoreskan pinsil/pulpen di atas kertas.

 

XPS 15 (9570)

Varian XPS 9570 menyuguhkan konstruksi clamshell tradisional, merupakan laptop berlayar 15,6-inci dengan form factor 14-inci. Hal ini tecapai berkat pemanfaatan desain InfinityEdge dengan bingkai layar seluas 5,7mm. Selain itu, Dell XPS 15 juga mempunyai tubuh sangat ramping. Ketebalannya hanya 11- sampai 18-mm, dengan bobot 2-kilogram. Dan seperti saudari 2-in-1-nya, body  XPS 9570 terbuat dari aluminium dan serat karbon.

Model yang Dell bawa ke Indonesia ini ialah XPS 15 dengan layar sentuh beresolusi 4K (3840x2160). Display IPS di sana  kabarnya mampu menyajikan color gamut 100 persen Adobe RGB, didukung tingkat kecerahan 400-nit serta menggunakan layar berpermukaan glossy plus coating anti-glare. Panel ini memang belum menggunakan teknologi HDR seperti pada ThinkPad X1 Extreme, namun memiliki rasio kontras cukup tinggi di 1500:1 dan viewing angle konsisten.

Komposisi hardware XPS 9570 juga tidak mengecewakan. Di sana ada prosesor Intel Core i7-8750, RAM DDR4-2666 16/32GB, dan penyimpanan berbasis SSD NVMe 512GB. Untuk mengolah grafis, laptop mengandalkan GPU Nvidia GeForce GTX 1050 Ti. Kehadiran kartu grafis discrete ini memberikan notebook kemampuan buat menghidangkan game-game blockbuster terbaru (saya belum bisa memastikan apakah GPU tersebut merupakan versi standar atau Max-Q).

Tentu saja, XPS 15 baru ini siap menunjang beragam aktivitas produktif. Ia menyimpan konektivitas wireless Killer 1535, dipersenjatai baterai yang mampu menjaganya tetap menyala sampai 20,5 jam, serta dilengkapi touchpad super-presisi dan keyboard ber-backlight LED. Terdapat pula sensor sidik jari yang diintegrasikan di tombol power sebagai sarana pengamanan akses.

 

Harga dan ketersediaan

XPS 15 serta XPS 15 2-in-1 kabarnya sudah tersedia di Indonesia. Masing-masing produk dijajakan seharga Rp 36 juta (9570) dan Rp 38 juta (9575).

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter