26 October 2017

by Yoga Wisesa

Dua Smartphone ZenFone Baru Ini Tawarkan Solusi 'Lebih Profesional' Dalam Ber-selfie

Kabarnya, mereka diramu sebagai jawaban atas kekurangan yang ada di perangkat-perangkat milik kompetitor.

Selfie ialah salah satu tema terpanas di kalangan produsen smartphone, bahkan menjadi senjata andalan beberapa brand terkenal. Anda mungkin berpikir bahwa saat ini, pasar handset spesialis selfie sudah sangat sesak. Tapi Asus masih melihat adanya peluang besar menanti di sana. Dari data mereka, sebanyak 71 persen orang Indonesia setidaknya mengambil selfie atau wefie setiap minggu.

Setelah mulai menyelami ranah swafoto dua tahun silam lewat ZanFone Selfie, sang produsen hardware asal Taiwan itu akhirnya membawa sepasang pewarisnya ke tanah air. Handset-handset ini merupakan anggota keluarga ZenFone generasi keempat dan keduanya sama-sama dibekali setup kamera ganda di depan. Mereka adalah Asus ZenFone 4 Selfie Pro ZD552KL dan ZenFone 4 Selfie ZD553KL.

CEO Asus Jerry Shen menjelaskan bahwa sudah waktunya bagi Asus untuk memberikan penawaran baru buat penggemar self-portrait demi menunjukkan keseriusan mereka di segmen itu. Walaupun telah tersedia banyak pilihan, Asus berpendapat bahwa konsumen di Indonesia membutuhkan solusi yang ‘lebih profesional’. Dua ZenFone Selfie anyar ini kabarnya diracik sedemikian rupa sebagai jawaban atas kekurangan yang ada di perangkat-perangkat kompetitor, khususnya pada aspek jangkauan lensa dan performa di kondisi low-light.

 

ZenFone 4 Selfie Pro ZD552KL

ZenFone 4 Selfie Pro merupakan produk swafoto pamungkas Asus. Tubuh berbahan aluminiumnya dibuat melalui teknik nano molding dan tiap lekukannya dibentuk secara presisi. Dipadu layar berlapis Corning Gorilla Glass 5 2.5D, saya akui penampilan handset ini sangat menawan, terutama untuk varian berwarna merahnya. Sebagai jendela akses konten, smartphone  menghidangkan layar AMOLED 1080p berkepadatan 401ppi seluas 5,5-inci.

Atraksi utama dari ZenFone 4 Selfie Pro tentu saja adalah kamera depannya. Di sana, Asus mencantumkan sistem DuoPixel 24Mp, berisi kombinasi sepasang sensor Sony Exmor RS IMX362 1,4µm 12-megapixel dengan aperture f/1.8, ditambah sensor Omnivision 5670 1,12µm f/2.2 yang memiliki lensa wide-angle 120 derajat, sehingga kamera bisa merangkul objek dua kali lebih banyak - memungkinkan Anda ber-selfie bersama kawan ataupun keluarga tanpa bantuan monopod.

Selain itu, Asus melengkapi ZenFone 4 Selfie Pro dengan bundel perkakas khusus swafoto bernama SelfieMaster. Tool ini berisi fitur-fitur krusial semisal beautify (buat foto maupun video), serta kolase dan BeautyLive. Produsen juga tak lupa menyiapkan flash LED softlight untuk membantu pengambilan foto di kondisi temaram.

Kamera belakangnya sendiri mengandalkan sensor Sony Exmor IMX351 1µm 16-megapixel berlensa 26mm f/2.2. Ia dibantu sistem electronic image stabilization, phase detection autofocus, serta LED dual-tone flash.

Di dalam, Asus mempersenjatai ZD552KL dengan chip Qualcomm Snapdragon 625 (ada prosesor octa-core Cortex-A53 2GHz dan GPU Adreno 506), RAM sebesar 4GB, ROM 64GB, dan baterai 3.000mAh. Smartphone berjalan di sistem operasi Android 7.1.1 Nougat plus interface ZenUI 4.0.

 

ZenFone 4 Selfie ZD553KL

ZD553KL ialah alternatif lebih terjangkau dari saudarinya di atas. Handset mengusung arahan desain serupa ZenFone 4 Selfie Pro, namun konstruksi tubuhnya terbuat dari plastik, dan layar IPS 5,5-incinya menyajikan resolusi 720p. Tapi jangan cemas soal penampilannya, smartphone tetap memanfaatkan kaca 2.5D sehingga memberi kesan menyambung pada lekukan di sisi samping.

Kapabilitas swafoto ZenFone 4 Selfie bersandar pada sensor Omnivision 20880 1µm 20-megapixel f/2.0 dan sensor Omnivision 8856 1,12µm f/2.4 dengan lensa wide-angle 120 derajat. Sudut jangkauan jepretan dan sejumlah kelengkapannya tak berbeda dari Selfie 4 Pro. Anda kembali dihindangkan SelfieMaster, flash LED softlight, mode panorama, serta HDR.

Ukuran megapixel kamera belakangnya setara ZenFone 4 Selfie Pro, namun jenis sensornya berbeda. Smartphone tersebut menggunakan Omnivision 16880 1µm 16Mp dengan aperture lensa f/2.2. Meski demikian, fitur-fitur penunjang fotografi seperti PDAF, EIS, dan flash LED juga tetap ada di sana.

ZenFone 4 Selfie diotaki system-on-chip Qualcomm Snapdragon 430, berisi CPU octa-core Cortex-A53 1,4GHz dan GPU Adreno 505. Handset menyimpan RAM 4GB, memori internal 64GB, lalu tenaganya dipasok oleh baterai 3.000mAh non-removable di dalam. Satu keunikan yang membuat ZD553KL lebih 'unggul' dari ZenFone 4 Selfie Pro adalah dukungan tiga slot kartu: dua untuk SIM, dan satu lagi buat microSD (storage dapat diekspansi sampai 2TB). Smartphone juga beroperasi di platform Android 7.1.1 Nougat dengan ZenUI 4.0.

 

Harga

ZenFone 4 Selfie Pro ZD552KL dibanderol seharga Rp 5 juta, sedangkan ZenFone 4 Selfie ZD553KL dipatok di harga Rp 3,5 juta. Kedua perangkat sudah mulai dipasarkan mulai tanggal 25 November, dan sampai tanggal 10 November nanti, paket penjualan turut dibundel bersama 'Gong Yoo Special Gift Box' serta speaker Bluetooth khusus ZenFone 4 Selfie Pro - selama persediaan masih ada.