Categories

Game

Dukungan Mod dan 4K Untuk Skyrim Special Edition dan Fallout 4 Akan Tiba di PlayStation 4

Implementasi dukungan mod dan kehadiran mode 4K memang tidak dilakukan berbarengan.

Yoga Wisesa - 6 October 2016

Begitu luasnya dunia game, Anda perlu menghabiskan ratusan jam untuk menguak seluruh rahasia dalam permainan open world garapan Bethesda. Khusus di PC, kemudahan dan keleluasaan modifikasi membuat konten game jadi kian melimpah, dan hal inilah yang mendorong developer menghadirkan dukungan mod di versi console kreasi teranyar mereka.

Untuk pertama kalinya di console, mod Fallout 4 dilepas ke Xbox One pada bulan Mei 2016, tapi sayang sekali Bethesda mengumumkan pembatalan pemberian dukungan mod di PlayStation 4 setelah diskusi panjang dengan Sony. Banyak orang kecewa pada keputusan tersebut, namun menariknya, pertimbangan kembali berubah. Belum lama ini Bethesda mengungkapkan bahwa mod untuk Fallout 4 dan The Elder Scrolls V: Skyrim Special Edition akan tiba di platform game current-gen Sony itu.

Kabar baik bagi gamer PlayStation 4 tidak berhenti sampai di sana. Bethesda juga mengonfirmasi datangnya mode 4K untuk kedua permainan, dengan memanfaatkan hardware canggih PlayStation 4 Pro. Mereka bilang, sistem ini sanggup menangani Skyrim di resolusi ultra-high-definition secara native. Dan lewat sejumlah screenshot, Bethesda memamerkan grafis dari versi remaster game kelima di seri Elder Scrolls tersebut.

Implementasinya memang tidak berbarengan. Pertama-tama, developer akan melepas dukungan mod buat Skyrim Special Edition terlebih dulu. Itu berarti Anda dapat memodifikasi serta menciptakan konten permainan sendiri cukup memanfaatkan Creation Kit yang sudah Bethesda sediakan. Kita tidak bisa menggunggah aset-aset eksternal, tapi pemain dapat menggunakan aset-aset game yang tersedia. Agar bisa browsing dan mencoba mod, Anda hanya perlu log-in di Bethesda.net.

Kemudian setelah pengerjaan Skyim rampung, Bethesda berencana meng-update Fallout 4 di PlayStation 4 dengan mod support dan kompatibilitas ke sistem PS4 Pro - menjanjikan fitur-fitur grafis serta efek-efek pencahayaan yang lebih canggih.

"Kami sangat bersemangat untuk menghidangkan mod ke fans PlayStation yang sudah lama mendukung kami," tulis Bethesda. "Modding merupakan aspek penting dari game-game Bethesda selama lebih dari 10 tahun, dan kami berharap buat terus menyajikannya ke seluruh pemain, terlepas dari platform pilihan mereka."

Pelepasan DLC Fallout 4 terbaru berjudul Nuka World menandai akhir pengembangan konten 'resmi'. Namun dengan tersedianya mod, proses ekspansi permainan akan terus berlangsung, dilakukan sendiri oleh komunitas pemain. Fallout 4 bisa Anda beli di PlayStation Store, sedangkan Skyrim Special Edition rencananya siap meluncur pada tanggal 28 Oktober nanti.

Sumber: Bethesda.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter