Categories

Berita

Situs Panduan Angkutan Umum Kiri.travel Buka API, Tantang Pengembang Buat Aplikasi Windows Phone

Avi Tejo Bhaskoro - 14 February 2014

Masih ingatkah Anda dengan aplikasi Kiri yang merupakan aplikasi spesialis panduan angkutan umum asal Bandung? Belum lama ini, aplikasi tersebut punya kabar terbaru, bukan mengenai pengembangan terbarunya namun kali ini Kiri menantang sejumlah developer lokal untuk membangun sebuah aplikasi mobile untuk perangkat Windows Phone yang bisa menjadi solusi warga perihal transportasi publik di kota-kota besar.

Merasa tertantang? Tenang dulu, sebab tantangan yang dimaksud merupakan sebuah kompetisi yang digagas oleh DVLUP yang bekerja sama dengan Kiri. Tantangan ini bertajuk: App Challenge “Navigasi Transportasi Publik dengan Kiri” dimana nantinya para developer yang mengikuti kompetisi ini akan ditantang untuk membuat aplikasi mobile navigasi khusus Windows Phone yang memanfaatkan Application Programming Interface (API) dari aplikasi Kiri.

Sebelum membahasnya lebih lanjut, sebagai informasi tambahan DVLUP merupakan sebuah program yang digagas oleh Nokia untuk membantu banyak developer di seluruh dunia dalam memacu pengembangan aplikasi mobile yang dirancang mulai dari pengembangan tahap awal, panduan bisnis, hingga hal publikasi seluruhnya dapat terbantu dalam program DVLUP yang juga terafiliasi dengan platform Windows Phone ini.

Kembali ke challenge yang ditawarkan oleh DVLUP dan Kiri tadi, menurut keterangan di halaman resminyadeveloper ditantang untuk harus dapat mengembangkan aplikasi navigasi trasportasi publik yang akan membantu pengguna untuk mencapai sebuah lokasi tujuan.

Berkaitan dengan penggunaan Kiri API sebagai salah satu syarat utama dalam mengikuti kompetisi ini, tantangan yang diberikan seeprtinya tak begitu sulit, developer cukup membangun user interface (tampilan antarmuka) yang telah disediakan dalam Kiri API untuk kemudian tinggal diakhiri dengan mengintegrasikan kreasinya ke dalam sebuah aplikasi utuh.

Selain hal tersebut, aplikasi Kiri yang memang pada awal pengembangannya baru dikonsentrasikan untuk kota Bandung dan sekitar kini juga menjangkau kota Jakarta sebagai kota yang baru dilayaninya. Untuk itu, tantangan yang diberikan ini juga terbatas hanya ditargetkan dalam jangkauan kota Bandung dan Jakarta saja. Untuk pesertanya sendiri tentu dapat berasal dari mana saja.

Untuk informasi lebih lanjut, bagi Anda yang tertarik untuk mengikutinya dapat mengunjungi halaman resmi DVLUP di sini. App Challenges ini sudah dimulai pada tanggal 23 Januari kemarin dan diakhiri pada 28 Februari mendatang, jadi setidaknya masih ada cukup waktu untuk mengikuti tantangan ini dan memenangkan hadiah 500XP yang ditawarkan oleh pihak DVLUP. Poin XP sendiri dapat ditukarkan ke dalam rewards menarik yang disediakan oleh DVLUP seperti misalnya voucher Windows Marketplace, gadgets, gift card, dan lain sebagainya.

[ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter