Categories

Gadget

DxOMark Juga Menguji Kemampuan Kamera Depan Smartphone

Google Pixel 3 dan Samsung Galaxy Note 9 meraih skor terbanyak dan menjadi smartphone kamera depan terbaik versi DxOMark

Lukman Azis - 23 January 2019

Kemampuan kamera telah menjadi aspek penting dalam sebuah smartphone, skor dari DxOMark kerap pun menjadi benchmark dan referensi dalam menilai kualitas kamera smartphone.

Sebelumnya, DxOMark sendiri hanya menguji kamera belakang – baik itu still dan juga video. Sekarang mereka telah membuat kategori pengujian baru, yakni kamera depan smartphone.

Ya, fenomena selfie dan vlogging membuat penggunaan kamera depan meningkat signifikan. Sejalan dengan tren tersebut, beberapa pabrikan ponsel memang menjadikan kamera depan menjadi fitur unggulannya.

Sayangnya, kebanyakan masih fix focus (belum autofocus) dan melulu hanya soal besaran megapixel. Padahal ada banyak faktor yang menentukan kualitas foto.

Proses pengujian di DxOMark ini mencakup pemotretan sekitar 1.500 gambar dan puluhan footage dengan total lebih dari dua jam video.

Setiap perangkat diuji dengan cara yang sama persis, dalam pengaturan lab yang dikonfigurasi secara identik, menggunakan prosedur, scene, dan software yang sama. Sejumlah aspek yang dinilai antara lain exposure, color, focus, texture, noise, artifacts, flash, bokeh, hingga stabilization (khusus video).

DxOMark-Selfie-score-structure-1024x419

Seperti biasa, setelah menjalankan semua tes dan menganalisis hasilnya, penilaian foto dan video dilakukan secara terpisah dan kemudian digabungkan menjadi overall score. Hasilnya sebagai berikut:

1. Google Pixel 3 – 92 poin
2. Samsung Galaxy Note 9 – 92 poin
3. Xiaomi Mi MIX 3 – 84 poin
4. Apple iPhone XS Max – 82 poin
5. Samsung Galaxy S9 Plus – 81 poin
6. Google Pixel 2 – 77 poin
7. Huawei Mate 20 Pro 75 poin
8. Samsung Galaxy S8 – 73 poin
9. Huawei P20 Pro – 72 poin
10. Apple iPhone X – 71 poin

Google Pixel 3 keluar sebagai smartphone selfie terbaik versi DxOMark, menurut mereka smartphone by Google ini memiliki detail dan tekstur yang sangat baik.

Sementara, Samsung Galaxy Note 9 dengan skor yang sama berada diposisi kedua. Flagship Samsung ini unggul terutama perekam videonya, di mana color rendering menghasilkan komposisi warna yang menyenangkan, serta stabilisasi dan face exposure yang sangat baik dalam berbagai situasi.

Sumber: GSMArena

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id