1. Startup

East Ventures Umumkan Portofolio Terbaru dan Rilis East Ventures Angels Network

Pada acara Jakarta Ventures Night (JVN) 2012 yang diadakan hari kemarin di Grand Hyatt Hotel, East Ventures mengumumkan secara resmi dua startup yang kini menjadi portofolio terbaru mereka. Dua startup tersebut adalah Inapay dan Jajalindo.

East Ventures (EV) adalah salah satu early stage investor yang bisa jadi paling aktif di Indonesia, beberapa startup yang mendapatkan investasi dari mereka juga telah beberapa kali kami bahas. East Ventures juga adalah salah satu investor awal di Disdus, layanan daily deals yang kini diakuisisi oleh Groupon.

Pengumuman portofolio terbaru ini mirip seperti yang EV lakukan di Jakarta Ventures Night tahun 2011, waktu itu mereka mengumumkan secara resmi dua portofolio terbaru mereka, TeknoUp dan Nightspade. Untuk JVN tahun 2012 mereka mengumumkan secara resmi dua portofolio lagi, sehingga kini total portofolio mereka ada 14, 11 dari Indonesia dan 3 dari Singapura. Selain itu ada 6 startup dari program East Ventures Alpha, yang juga melakukan presentasi di JVN 2012 ini.

Inapay adalah layanan pembayaran yang bisa digunakan bagi mereka yang melakukan jual-beli di internet, sebuah payment intermediary system. Layanan ini memberikan jasa mirip dengan apa yang dilakukan oleh jasa Rekening Bersama (RekBer) yang biasanya digunakan dalam proses jual beli di forum jual beli, situs jual-beli atau marketplace, namun dengan beberapa fasilitas keamanan, salah satunya adalah fasilitas Inapass. Selain itu mereka juga memberikan jasa berupa jasa transfer antar bank.

DailySocial juga beberapa kali menuliskan artikel tentang Inapay, di artikel terakhir, CEO Inapay, Ivan Sebastian mengungkapkan bahwa mereka telah mendapatkan investasi, namum belum mengungkapkan siapa investor mereka, kini dalam acara JVN 2012, secara resmi mereka mengumumkan telah mendapatkan investasi dari East Ventures.

Satu lagi portofolio terbaru EV adalah Jajalindo. Startup yang satu ini menjelaskan layanan mereka sebagai contextual hyperlocation search Indonesia, Jajalindo menawarkan layanan pencarian berdasarkan kata kunci lokasi.

Dibentuk oleh 5 orang sejak dirilis kurang lebih beberapa bulan lalu - versi beta rilis bulan November, telah memiliki 15.000 pengguna. Jajalindo mempersilahkan user mereka untuk memberikan review - user generated content, mereka juga menyediakan community system serta reward berupa badges. Pengguna juga bisa mencari berdasarkan kata kunci, kategori serta kota, hasil pencarian akan menampilkan informasi dari lokasi, seperti profil, deskripsi, review, galeri serta hasil pencarian lokasi terdekat lain ada yang berkaitan dengan lokasi tersebut.

Dari presentasi yang dilakukan di JVN kemarin, selain mengembangkan fasilitas yang telah ada mereka juga akan mengembangkan layanan mereka untuk mobile kemudian mengembangkan aktivitas dan komunitas.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, dua portofolio ini menambah 'keluarga besar' East Ventures menjadi 14 portofolio, mulai dari Tokopedia, PriceArea, TeknoUp, Nightspade, Scoop, Groupon Disdus (masih masuk dalam daftar, logonya masih muncul di backdrop panggung acara JVN 2012), idBlognetwork, Inapay, Soybeansoft, Scoop, Jajalindo, Urbanesia, Trendiest, Penn-Olson dan Foound.

Selain itu, sambil menutup acara JVN 2012 kemarin, Willson Cuaca co-founder dan managing partner dari East Ventures juga mengumumkan program terbaru dari East Ventures yaitu East Ventures Angels Network. Program terbaru ini dikatakan Willson muncul sebagai langkah mereka melanjutkan program-program sebelumnya, seperti Jakarta dan Bandung Ventures Night serta East Ventures Alpha.

EV Angels Network ini akan memiliki akses ke EV Alpha dan membuka kesempatan bagi mereka yang ingin ikut ambil bagian menjadi angel investor di network mereka. Seperti yang dituliskan Penn-Olson - yang juga adalah salah satu portofolio mereka - meski menolak memberikan daftar siapa saja yang ada di jaringan angel investor ini, namun dikatakan bahwa para mentor di program EV Alpha menjadi bagian dari EV Angels Network, selain akses ke startup yang ada di EV Alpha, angels network ini juga memiliki akses ke startup yang telah didekati oleh EV.

Gelombang pertama East Ventures Alpha juga telah selesai dilaksanakan, acara JVN 2012 ini juga menjadi sarana demo bagi mereka, dan dikabarkan EV Alpha sedang bersiap untuk melanjutkan dan membuka gelombang kedua. Jadi, saya kira, seperti juga acara JVN sebelumnya, mari kita tunggu startup mana lagi yang akan menjadi portofolio EV selanjutnya, tidak lupa kita ikuti kabar selanjutnya dari Inapay dan Jajalindo setelah mendapatkan investasi serta perkembangan para 'lulusan' EV Alpha yang pertama ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again