Berita

eBay Tunjuk Edelman sebagai Agensi Humas untuk Asia Pasifik , Semakin Serius Dengan Wilayah Ini

eBay baru saja mengumumkan bahwa mereka telah menunjuk Edelman sebagai agensi Humas untuk wilayah Asia Pasifik dan menangani perdagangan lintas batas di kawasan tersebut. Asia Pasifik menyumbangkan 20 persen dari nilai penjualan di Q4 tahun 2010. Penunjukan ini mengikuti hubungan antara dua perusahaan yang sudah terjalin di Amerika Serikat. Agensi HuMas ini diharapkan bisa "meningkatkan kesadaran atas kesempatan untuk para pedagang dan pengusaha di Asia."

Edelman juga akan memberikan nasihat serta panduan tentang komunikasi dan pendekatan strategis pada eBay dalam memenuhi tujuan mereka untuk mempelajari lebih lanjut tentang wilayah dan meningkatkan adopsi layanan mereka di Asia Pasifik.

Sementara operasi regional akan berpusat di Hong Kong, kantor Edelman di seluruh kawasan Asia Pasifik akan secara aktif terlibat dan mempelajari pasar atas nama eBay. Bulan Mei lalu eBay memilih Edelman Australia sebagai agensi mereka untuk negara tersebut.

eBay belum memiliki kesuksesan di Indonesia, di mana Tokobagus dan Kaskus mengambil sebagian mindshare serta nilai perdagangan online di negara ini. Desakan menggunakan PayPal sebagai alat pembayaran juga merupakan halangan bagi banyak calon pembeli, karena kebanyakan orang Indonesia tidak 'terikat' dengan sistem perbankan dan layanan pelanggan PayPal sulit untuk dijangkau.

Menurut penelitian yang dilakukan DailySocial mengenai e-commerce di Indonesia, metode yang paling disukai pengguna dalam melakukan pembayaran masih berupa transfer bank dan eBay menempati posisi keempat dari situs e-commerce di Indonesia di belakang Kaskus, Tokobagus, dan Facebook. Amazon ada di posisi kelima. Ada juga beberapa tantangan yang dihadapi pedagang online ketika berhadapan dengan e-commerce di Indonesia.

Namun demikian, eBay mencatat pertumbuhan 17 persen pertahun dalam hal ekspor dari Indonesia menurut rilis yang baru-baru ini diterbitkan dan eBay melihat ini sebagai tanda yang positif untuk ekspansi di Asia Tenggara.

Perlu dicatat juga bahwa sebagian besar orang Indonesia menggunakan situs eBay AS, Australia, dan Inggris untuk bertransaksi, bukan situs yang diperuntukkan bagi Indonesia. Hal ini menjadi tugas eBay untuk menjelaskan kepada anggota asal Indonesia bahwa eBay memiliki situs lokal. Mungkin perlu disampaikan juga keuntungan menggunakan situs lokal, jika ada, yang lebih dari menggunakan situs untuk negara lain.

Dengan Indonesia menjadi salah satu pusat manufaktur terbesar —khususnya untuk fashion— kategori pakaian dan aksesoris menduduki puncak daftar untuk ekspor Indonesia di eBay diikuti oleh perhiasan, permata dan jam tangan, komputer, barang olahraga, dan ponsel dan aksesorisnya.

Perlu diingat juga bahwa Plasa.com masih merupakan mitra dari eBay yang mendorong pedagang untuk memanfaatkan eBay sebagai saluran penjualan internasional.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again