1. DScovery

Ebook Bisnis: Pengertian, Tujuan, Kelebihan dan Kekurangannya

Saat ini digitalisasi semakin berkembang, salah satunya adalah dengan kehadiran ebook. Berikut ini pengertian mengenai ebook bisnis.

Pada era digitalisasi cara seseorang mendapatkan informasi banyak memanfaatkan penggunaan internet, sekarang seseorang tidak hanya mendapatkan informasi dari media cetak tapi juga media online.

Begitu pula dengan cara seseorang memperoleh buku, sekarang buku tidak hanya dibaca melalui buku fisik, tetapi juga buku digital yang sering disebut sebagai ebook. Lalu sebenarnya apa itu ebook?

Pengertian Ebook Bisnis

Ebook (elektronik book) adalah buku yang dibuat dalam versi digital yang menyajikan berbagai informasi berupa gambar, teks dan mulai berkembang menjadi video serta audio. Ebook dapat digunakan pada berbagai perangkat elektronik seperti, laptop, gadget, komputer, notebook dan lain sebagainya.

Saat ini ebook digunakan dalam kategori yang cukup luas meliputi buku pelajaran, novel, laporan perusahaan hingga laporan bisnis lainnya. Popularitas penggunaan ebook dianggap lebih praktis, karena media penyebarannya lebih cepat, cara membaca praktis dan penyimpanan yang mudah. 

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya bahwa ebook digunakan dalam berbagai kepentingan, salah satunya adalah bisnis. Penggunaan ebook dalam bisnis biasanya dilakukan dalam pembuatan laporan bulanan, tahunan, materi pelatihan dan lain hal.

Tujuan Ebook Bisnis

Pembuatan ebook dilakukan berdasarkan tujuannya masing-masing, ada ebook yang dibuat berisi materi pembelajaran, ada juga ebook yang memuat isi mengenai suatu tips atau tutorial, Ebook juga bisa digunakan dalam sebuah bisnis, baik itu annual report perusahaan, atau bahkan materi terkait strategi bisnis.

Berikut ini beberapa tujuan pembuatan ebook bisnis yang dapat kamu ketahui:

  • Ebook bisnis digunakan sebagai sarana properti milik perusahaan

Maksudnya adalah ebook juga bisa menjadi bagian dari properti milik perusahaan dalam lingkup bisnis, karena melalui ebook tersebut maka perusahaan memiliki hak eksekutif atas data dan juga informasi di dalamnya. Informasi yang tercantum dalam isi ebook juga resmi dan dapat dipertanggung jawabkan.

  • Pembuatan ebook merupakan solusi pengurangan cost dalam pembuatan laporan perusahaan

Pembuatan ebook bisnis dapat membantu perusahaan mengurangi biaya pencetakan karena membutuhkan peralatan konvensional.

  • Ebook digunakan karena proses pembuatan yang lebih praktis dibanding buku bisnis cetak

Ebook bisnis dibuat dengan tujuan yang dianggap lebih praktis dan efisien dibandingkan harus melewati proses pencetakan konvensional.

  • Pembentukan ebook akan lebih memudahkan audiens dalam mengakses informasi dan update perusahaan

Ebook dapat dipublikasikan secara online pada website resmi perusahaan, sehingga informasi tersebut akan lebih mudah diakses oleh khalayak. Perusahaan juga akan lebih cepat dalam menyusun data update melalui ebook.

  • Ebook bisnis bertujuan untuk mempermudah perusahaan menyebarkan informasi secara transparan

Tujuan lainnya dari pembuatan ebook untuk transparansi informasi milik perusahaan, maksudnya adalah perusahaan dapat secara terbuka memberikan informasi terkait bisnisnya kepada khalayak umum.

Kelebihan Ebook Bisnis

Ebook bisnis pada dasarnya hadir karena memberikan berbagai manfaat bagi perusahaan atau pebisnis yang menjalankan usaha. Berikut ini beberapa kelebihan ebook bisnis:

  • Praktis dan mudah dibawa

Ebook bisnis akan lebih praktis karena tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang terlalu besar, file dapat  disimpan pada ponsel sehingga dapat dibawa kemana saja.

  • Mengurangi cost pencetakan konvensional perusahaan

Ebook bisnis juga memiliki kelebihan dalam mengurangi cost pencetakan konvensional, karena perusahaan tidak perlu menggunakan dan menyediakan layanan jasa untuk mencetak beberapa eksemplar buku bisnis tersebut.

  • Mengurangi penggunaan kertas secara berlebihan

Ebook bisnis juga memberikan kelebihan dalam mengurangi penggunaan kertas secara berlebihan, hal ini juga berkaitan dengan pengurangan biaya milik perusahaan. Karena dengan ebook bisnis perusahaan tidak perlu menyediakan bahan baku kertas sebagai bahan cetak.

  • Memberikan tampilan yang lebih efisien dan dinamis

Ebook bisnis memiliki kelebihan lainnya dalam tampilan yang dianggap lebih efisien dan dinamis dalam menyusun informasi dan user friendly bagi khalayak.

  • Memiliki kecenderungan lebih tahan lama 

Ebook bisnis juga lebih tahan lama jika dibandingkan dengan buku konvensional, karena akan terhindar dari risiko rusak terkena air, rayap, kertas yang semakin usang dan lain sebagainya. Disisi lain ebook bisnis dapat bertahan lama dengan mengandalkan maintenance dari perangkat elektronik seperti anti virus untuk mencegah file rusak oleh virus.

Kekurangan Ebook Bisnis

Meskipun ebook bisnis memberikan banyak manfaat, tapi ebook ini juga memiliki beberapa kekurangan dalam penggunaannya. Berikut ini kekurangan dalam penggunaan ebook bisnis:

  • Membutuhkan aplikasi pendukung

More Coverage:

Penggunaan ebook bisnis juga membutuhkan aplikasi pendukung untuk membuka file tersebut. Hal ini akan tergantung pada format ebook yang digunakan, format yang dimaksud bisa dalam bentuk Pdf, ePUB, MOBI dan lain sebagainya.

Untuk dapat membuka file yang sudah di download maka perangkat elektronik yang digunakan perlu disediakan perangkat aplikasi yang dapat membukanya. Beberapa perangkat aplikasi yang mendukung seperti, microsoft edge, adobe acrobat dan lain sebagainya.

  • Membutuhkan perangkat elektronik

Ebook bisnis juga membutuhkan perangkat elektronik untuk mengunduh, menyimpan dan membuka berkas file.Tanpa adanya perangkat elektronik maka file tidak akan dapat dibuka.

  • Mempengaruhi kesehatan mata

Penggunaan ebook bisnis juga dapat mempengaruhi kesehatan mata bagi para pengguna. Karena pembaca akan menggunakan perangkat elektronik untuk mengakses file tersebut, secara otomatis pemancaran radiasi pada penggunaan elektronik akan lebih lama.

Demikian informasi mengenai ebook bisnis dari pengertian, kelebihan hingga kekurangannya. Perkembangan digital sangat mempengaruhi bagaimana seseorang menciptakan sarana informasi bagi para audiensnya. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again