1. Startup

EdenFarm Dilaporkan Kembali PHK Karyawan

Sebelumnya EdenFarm sempat merumahkan sekitar 300 orang pada September 2023 buntut dari penurunan bisnis intinya

Startup agritech EdenFarm dilaporkan kembali melakukan PHK kepada sejumlah karyawannya. Menurut informasi yang kami peroleh dari salah satu yang terdampak, aksi PHK telah dilakukan sejak Desember 2023 dan hingga kini belum mendapat hak pesangon.

DailySocial.id telah mengontak Founder & CEO EdenFarm David Setyadi Gunawan, termasuk manajemen untuk mengonfirmasi kabar tersebut, tetapi belum ada respons hingga berita ini diturunkan.

Sebelum kabar ini, EdenFarm sempat merumahkan sekitar 300 orang pada September 2023 buntut dari penurunan bisnis intinya. Dalam wawancara dengan DailySocial.id saat itu, David mengungkap bahwa permintaan distribusi sayur di luar Jabodetabek terus mengalami penurunan.

EdenFarm pun memutuskan untuk pivot ke produk bumbu TuangTuang yang diluncurkan ke pasar awal September 2023. Peralihan bisnis ini juga menjadi strategi EdenFarm untuk keluar dari lingkaran fluktuasi harga komoditas dan mencapai profitabilitas. Selain itu, biaya pengembangan dan pemasaran TuangTuang juga dinilai lebih efisien dibandingkan dengan bisnis intinya,

EdenFarm adalah startup rantai pasok untuk bahan pangan segar di segmen B2B yang didirikan pada 2017. Perusahaan terakhir kali memperoleh pendanaan pra-seri B pada akhir 2022, dipimpin oleh Telkomsel Mitra Inovasi (TMI). Beberapa investor partisipan lainnya adalah AC Ventures, AppWorks, Y Combinator, hingga Investible.

More Coverage:

Terlepas tingginya minat investor terhadap agritech Indonesia, startup di sektor ini juga mengalami penurunan bisnis, berujung pada PHK atau penutupan perusahaan dalam dua tahun terakhir. Beberapa di antaranya adalah Sayurbox, TaniHub, dan Brambang (tutup).

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again