1. DScovery

Editor Video: Tugas, Jenjang Karir, Peluang Kerja dan Gaji

Berikut ini adalah artikel mengenai definisi, tugas, jenjang karir, hingga gaji seorang editor video.

Mengedit video adalah proses memilih dan mengatur segmen dari satu atau beberapa rekaman menjadi urutan yang selaras. Pengeditan video digunakan dalam film, televisi, dan media berbasis video lainnya.

Istilah "pengeditan" juga dapat merujuk pada proses pemilihan dan penyiapan bahan sumber utama untuk publikasi, atau proses modifikasi teks berkualitas tinggi untuk publikasi.

Pengeditan video adalah tugas yang membutuhkan banyak kesabaran dan perhatian terhadap detail. Ini juga salah satu bagian terpenting dalam membuat video, karena ini adalah bagian di mana kamu memastikan semuanya mengalir bersama dengan cara yang masuk akal dan tampak hebat.

Karena tugasnya yang cukup banyak dan rumit, tugas ini biasanya dikhususkan untuk Editor Video. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai Editor Video.

Definisi Editor Video

Editor Video adalah orang yang mengedit video setelah direkam. Mereka bertanggung jawab untuk memastikan konten video kamu jelas, dan mereka membuat transisi mulus antar klip.

Mereka akan terlibat di setiap langkah proses: mulai dari memberikan feedback tentang konten sebelum pembuatan film dimulai hingga memastikan bahwa produk akhir memenuhi semua persyaratan untuk didistribusikan.

Merekalah yang mengambil semua footage, memotongnya menjadi beberapa adegan, dan menyatukannya menjadi sebuah cerita yang kohesif.

Editor Video bertanggung jawab untuk menyalin audio menjadi teks, menyempurnakan video dengan efek dan grafik khusus, menambahkan musik dan efek suara, serta menggabungkan trek audio. Mereka mungkin juga diminta untuk melakukan beberapa pemrograman dasar.

Tugas Editor Video

Banyak orang berpikir bahwa mengedit hanya tentang memotong bagian yang membosankan, sebenarnya jauh lebih rumit dari itu.

Editor video yang baik harus mampu memahami cerita dan membuat keputusan tentang bagian mana yang perlu disertakan dan bagian mana yang dapat dipotong. Mereka juga harus dapat merencanakan urutan peristiwa yang terjadi dan menentukan bagaimana peristiwa itu harus disajikan.

Editor juga perlu mengetahui jenis video apa yang mereka kerjakan. Seperti apakah video itu akan ditonton di TV, YouTube, atau platform lain. Dan jika itu adalah iklan atau dokumenter, apakah akan disiarkan langsung? Apakah perlu subtitle atau teks? Apakah ada masalah hak cipta yang terlibat? Dan sebagainya.

Terakhir, seorang editor perlu memiliki keterampilan komunikasi yang baik agar dapat bekerja dengan baik dengan orang lain (termasuk penulis/sutradara/produser) sekaligus mampu menjelaskan keputusan mereka sendiri dengan jelas sehingga setiap orang memahami apa yang terjadi di balik layar.

Jenjang Karir Editor Video

Editor Video adalah jalur karier yang memungkinkan kamu menggunakan kreativitas, keterampilan komunikasi, dan keahlian teknis kamu untuk membuat proyek video berkualitas tinggi.

Berikut ini adalah jenjang karir editor video:

Staff Editor Video

Staff akan bekerja dengan editor yang lebih berpengalaman, mempelajari cara mengedit video, dan melakukan beberapa beban kerja editor.

Mereka juga dapat mempelajari pekerjaan seperti apa yang diperlukan untuk mengedit video dan apa yang diperlukan untuk memastikannya selesai tepat waktu.

Koordinator Editor Video

Koordinator editor video bertanggung jawab untuk mengelola alur kerja editor video dan memastikan konten mereka memenuhi standar perusahaan.

Merekalah yang mengelola proses pengeditan, dan mereka juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua video disimpan sedemikian rupa sehingga mudah diakses.

Direktur Artistik

Direktur artistik bertanggung jawab untuk memastikan bahwa cerita, tema, dan karakter video tersebut dikomunikasikan dengan jelas kepada penonton.

Mereka juga memiliki keputusan akhir tentang musik apa yang digunakan dalam adegan dan bagaimana musik itu digunakan di sana.

Gaji Editor Video

Gaji seorang Editor Video berkisar Rp3.000.000 hingga Rp6.000.000 per bulan di Indonesia.

Namun, angka itu sangat bervariasi tergantung di mana kamu tinggal dan perusahaan tempat kamu bekerja. Selain itu, juga tergantung skill dan keterampilan yang kamu miliki.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai Editor Video, semoga bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again