9 September 2016

by Glenn Kaonang

Efektif Hilangkan Dengkuran, Snore Circle Juga Dibekali Fitur Sleep Tracking

Andalkan teknologi bone conduction dan pengenalan suara untuk mengidentifikasi suara dengkuran secara akurat

Meski kerap dijadikan bahan guyonan, mendengkur alias ngorok sebenarnya merupakan kebiasaan yang buruk buat kesehatan. Cara menghilangkan kebiasaan mendengkur sebenarnya ada beberapa, termasuk salah satunya yang melibatkan gadget canggih dalam berbagai wujud; bisa berupa gelang, sabuk dan lain sebagainya.

Alternatif lainnya adalah Snore Circle, perangkat berwujud seperti headset Bluetooth yang diklaim sangat efektif untuk menghilangkan dengkuran. Tidak main-main, Snore Circle memanfaatkan teknik bone conduction dan teknologi pengenalan suara untuk mengidentifikasi suara dengkuran secara akurat.

Saat pengguna terdeteksi sedang mendengkur, Snore Circle akan mencoba mengintervensi secara fisik dengan cara mengirimkan getaran dan suara mikro yang terdiri dari 54 tingkatan. Intervensi ini memicu saraf vagus pada otak untuk bekerja, menginstruksikan otot pada bagian tenggorokan untuk mengencang dan memberikan ruang udara yang lebih lega.

Di titik ini, pengguna akan berhenti mendengkur, atau paling tidak frekuensi dengkurannya berkurang, tapi di saat yang sama aktivitas tidur mereka tidak terganggu. Malahan, karena sudah tidak mendengkur, pengguna bisa masuk ke dalam fase deep sleep dan beristirahat senyenyak mungkin.

Snore Circle menawarkan fitur sleep tracking terintegrasi / VVFLY

Bagaimana caranya Anda bisa tahu tidur Anda semalam senyenyak apa? Sleep tracker jawabannya, tapi Anda tak perlu membeli perangkat baru, sebab Snore Circle sudah dibekali dengan fitur sleep tracking untuk memonitor kualitas tidur pengguna dan meneruskan data-datanya ke aplikasi pendamping di smartphone.

Menurut pengembangnya, teknologi yang ditawarkan Snore Circle sudah cukup terbukti. Pasalnya, ini merupakan perangkat generasi ketiga dengan penyempurnaan hampir di segala aspek, termasuk dari segi desain yang melibatkan bahan silikon yang ergonomis.

Bagi yang tertarik, Snore Circle saat ini bisa dipesan melalui situs crowdfundingIndiegogo. Harga termurahnya untuk saat ini adalah $70, sedangkan harga retail-nya nanti diperkirakan berkisar di angka $129.