1. Startup

Effective Measure: Pengguna Internet Indonesia Belum Percaya E-Commerce

Sebuah laporan terbaru dari Effective Measure baru-baru ini diterbitkan berisi analisa mendalam mengenai perilaku konsumen e-commerce di Indonesia. Salah satu fakta yang menarik adalah, meskipun beberapa perusahaan e-commerce lokal telah menghabiskan banyak uang untuk mengedukasi pengguna Internet di Indonesia, sepertinya dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk memupuk budaya berbelanja online.

Beberapa fakta yang menarik antara lain fakta bahwa 39% pengguna Internet di Indonesia belum familiar dengan online banking untuk melakukan pembayaran (listrik, telepon, air, dll). Adalah sebuah fakta bahwa online banking merupakan pintu masuk untuk pengenalan e-commerce, dan masih banyak pekerjaan rumah terutama untuk awareness.

Fakta lain yang terungkap di laporan ini, adalah bahwa 40% dari pengguna Internet belum percaya pada proses pembayarannya (online payment) dan sebesar 14% tidak percaya pada situs e-commercenya sendiri. Jadi faktor kepercayaan sendiri masih belum terlalu mendominasi proses e-commerce di Indonesia.

Laporan ini juga mengungkapkan salah satu isu e-commerce, yaitu berdasarkan fakta bahwa calon pembeli lebih suka untuk bisa melihat langsung dan menyentuh barang yang dijual sebelum melakukan pembayaran. Isu ini sebenarnya kembali lagi ke masalah trust, dimana pengguna masih takut bermasalah dengan barang yang rusak, tidak sesuai harapan dan lain-lain.

Untuk melihat lebih lengkap hasil riset dari Effective Measure, silahkan unduh disini. Download disini (PDF)

 

-- This e-commerce channel is brought to you by Veritrans Indonesia. Veritrans makes online transactions easier, faster and more secure. No setup fee, no monthly fee and no hidden fee. To know more about Veritrans Indonesia, please visit their website http://veritrans.co.id

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again