1. DScovery

Ekonomi Kreatif: Pengertian, Tujuan dan Contoh Implementasinya

Industri kreatif saat ini mulai semakin banyak dikenal oleh masyarakat dan tidak hanya berada di sektor kerajinan, tetapi masih bayak sektor lainnya yang menjadi bagian dari ekonomi kreatif. Berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai ekonomi kreatif!

Saat ini perkembangan digital jelas memberikan perubahan pada pola perekonomian yang terjadi. Salah satunya kehadiran istilah ekonomi baru seperti ekonomi kreatif. mungkin sebagian orang sudah tidak asing dengan istilah industri ekonomi tersebut, tapi sebenarnya apa sih ekonomi kreatif itu? 

Kenapa banyak orang yang mengaitkan ekonomi kreatif dengan sejumlah karya yang dihasilkan dari ide-ide dan pemikiran milik seseorang?Berikut ini penjelasan selengkapnya mulai dari pengertian hingga contoh implementasi ekonomi kreatif.

Pengertian Ekonomi Kreatif

Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep ekonomi baru yang mengandalkan kreativitas sumber daya manusia (SDM) dalam faktor produksinya. Ekonomi kreatif merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk membahas mengenai penyelesaian masalah terkait nilai ekonomi dan lapangan pekerjaan melalui pengembangan ide-ide.

Ekonomi kreatif saat ini telah banyak dikembangkan dalam usaha bisnis baik dalam lingkup corporate dan bahkan sebagai usaha bisnis rumah tangga. Ada banyak sektor yang terjadi bagian dari ekonomi kreatif seperti, industri digital, kerajinan, pariwisata, dan lain sebagainya. 

Ekonomi kreatif dikenal juga sebagai upaya yang dilakukan untuk mengembangan ide-ide baru melalui pemikiran yang kreatif, dimana kreativitas dijadikan sebagai tolak ukur bagi para peserta atau anggota yang terlibat. Oleh sebab itu, ekonomi kreatif dipahami juga sebagai era ekonomi yang melibatkan peran kreativitas sumber daya manusia (SDM) sebagai faktor utama.

Tujuan Ekonomi Kreatif

Ekonomi kreatif jelas memberikan berbagai kesempatan yang luas dalam bidang ekonomi untuk semakin mengembangkan ide-ide baru. Hadirnya ekonomi kreatif karena memiliki beberapa tujuan, berikut ini tujuan dari ekonomi kreatif:

  • Memberikan kontribusi pada PDB

Salah satu tujuan dari ekonomi kreatif adalah memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) suatu negara. Hal ini disebabkan ide dan sifat yang dimiliki industri kreatif dalam memaksimalkan pengembangan ide berkaitan juga dengan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal suatu wilayah, sehingga akan memunculkan keunikan dari produk atau karya lainnya.

  • Meningkatkan nilai ekspor

Ekonomi kreatif juga bertujuan dalam meningkatkan nilai ekspor, hal ini disebabkan munculnya inovasi atas produk baru yang unik sehingga meningkatkan permintaan barang dalam negeri.

  • Membuka lebih banyak lowongan pekerjaan 

Tujuan lainnya dalam ekonomi kreatif untuk membuka lebih banyak lowongan pekerjaan, hal ini berkaitan juga dengan kemampuan dan kreatifitas yang dilakukan individu dalam membentuk suatu produk yang baru. Industri kreatif menjadi wadah bagi orang-orang untuk menyalurkan ide yang dimilikinya menjadi sebuah karya yang memiliki nilai seni bahkan nilai jual.

  • Meningkatkan daya saing yang  inovatif dan kreatif

Ekonomi kreatif juga bertujuan untuk meningkatkan daya saing yang sehat, inovatif dan kreatif. Dimana dalam hal ini perubahan industri ekonomi yang sangat pesat menyebabkan tingkat persaingan semakin tajam meskipun demikian, tolak ukur utama dalam ekonomi kreatif adalah kreativitas  yang dimiliki oleh individu serta inovasi dari sebuah karya.

  • Mengembangan potensi ide dalam diri individu

Ekonomi kreatif juga bertujuan untuk mengembangkan potensi ide dalam diri individu. Karena individu tidak dibatasi untuk berkarya dimana ini merupakan kesempatan bagi mereka untuk bisa mengadopsi nilai-nilai budaya ke dalam produk atau karya yang dibuatnya. 

Contoh Implementasi Ekonomi Kreatif

Sejumlah sektor hadir menjadi bagian dari ekonomi kreatif, dimana sektor ini juga mengandalkan kreativitas dari manusia. Berikut ini sejumlah contoh implementasi ekonomi kreatif yang ditemukan di masyarakat:

  • Industri Kerajinan

Industri kerajinan adalah salah satu contoh implementasi dari ekonomi kreatif. Di Indonesia Industri kerajinan juga dikenal sebagai wadah bagi masyarakat setempat khususnya di suatu daerah untuk memperkenalkan produk dengan kearifan lokal budaya setempat.

  • Industri Perfilman

Contoh implementasi ekonomi kreatif lainnya berasal dari industri perfilman, dimana saat ini Indonesia mulai banyak memunculkan berbagai jenis produksi film mulai dari layar lebar, mini series, dan lain sebagainya. Perfilman juga menjadi salah satu bagian dari industri kreatif, karena industri ini membutuhkan banyak sekali kreatifitas dan ide-ide yang dikembangkan untuk menyusun alur cerita, penempatan lighting, pengambilan gambar dan lain sebagainya. Film juga bisa dijadikan sebagai sarana pemberian pesan moral serta representasi nilai dan budaya di masyarakat 

  • Pariwisata

Contoh implementasi ekonomi kreatif lainnya juga berada di industri pariwisata, dimana industri ini merupakan salah satu sektor yang penting dalam suatu negara. Hal ini disebabkan peran pariwisata yang mampu memberikan pengaruh terhadap pendapatan ekonomi global suatu negara.

  • Kuliner 

Contoh implementasi ekonomi kreatif selanjutnya adalah kuliner, dimana sektor ini memberikan sejumlah potensi untuk memperkenalkan budaya dan aneka ragam kuliner khas suatu negara. Kuliner juga menjadi salah satu sektor yang dapat memberikan kontribusi terhadap pendapatan ekonomi kreatif terutama di Indonesia. Hal ini berkaitan langsung dengan kebutuhan pokok manusia mengenai makanan, sehingga para turis yang datang ke Indonesia cenderung ingin merasakan makanan khas dari negara yang dikunjunginya.

Demikian penjelasan seputar ekonomi kreatif mulai dari pengertian sampai contoh sektor implementasinya di Indonesia. Melalui penjelasan sebelumnya, maka dapat dipahami bahwa ekonomi kreatif adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi ekonomi yang mengandalkan kreativitas dan ide-ide manusia. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again