Categories

Gadget

Ringkas dan Wireless, Elvie Pump Adalah Pompa ASI Idaman Para Ibu Menyusui

Ketimbang menggunakan kantong plastik sekali pakai yang boros, Elvie Pump memakai botol yang dapat dicuci dan dipakai berkali-kali

Glenn Kaonang - 18 September 2018

Setahun lalu, saya sempat menulis artikel mengenai perangkat wearable unik bernama Willow. Unik karena Willow sebenarnya merupakan pompa ASI, dan ia pantas masuk segmen wearable karena benar-benar bisa dioperasikan secara wireless, sehingga dipastikan tidak akan mengganggu aktivitas para ibu menyusui.

Namun Willow punya satu kelemahan: konsumen diharuskan memakai kantong plastik khusus yang dihargai $0,50 per kantong. Anggap konsumen memerlukan dua kantong setiap harinya – lebih kalau berdasarkan pengalaman istri saya, tapi anggap seperti ini demi memudahkan – berarti per bulan $30 habis untuk kantong plastiknya saja.

Kemudian, kalau mengacu pada anjuran ASI eksklusif selama 6 bulan, berarti total ada biaya ekstra sebesar $180 bagi konsumen Willow, dan ini belum termasuk harga perangkatnya yang sudah tergolong mahal di angka $480. $480 + $180 = $660 untuk enam bulan pertama menyusui sang buah hati.

Solusi serupa yang lebih ekonomis kini coba ditawarkan oleh Elvie. Pompa ASI buatan mereka sama wireless-nya seperti Willow, akan tetapi tidak membutuhkan kantong plastik khusus untuk menampung hasil perahannya. Sebagai gantinya, yang digunakan adalah botol yang dapat dicuci dan dipakai berkali-kali.

Botolnya pun punya kapasitas sedikit lebih banyak ketimbang kantong plastik sekali pakai Willow, 150 ml dibanding 120 ml, dan paket penjualannya mencakup dua pasang botol sekaligus sehingga dapat dipakai bergantian. Sama seperti Willow, Elvie Pump juga sangat ringkas dan bisa diselipkan ke bra dengan mudah tanpa harus ada yang terekspos. Seringkas apa? Anda bisa nilai sendiri lewat video ini.

Lebih lanjut, Elvie mengklaim pompa ASI buatannya dapat beroperasi dengan hening – sangat krusial apabila pengguna berencana memakainya di sela-sela rapat kantor, atau selama menjalani fashion show. Terdapat tujuh pengaturan intensitas yang dapat dioperasikan via tombol, dan perangkat bakal otomatis berhenti ketika botol terdeteksi sudah terisi penuh.

Elvie turut menyediakan aplikasi smartphone untuk pompa ASI-nya sehingga pengguna dapat memonitor volume hasil perahannya secara real-time maupun riwayat sesi sebelum-sebelumnya. Namun yang mungkin lebih bermanfaat dari aplikasinya adalah fitur remote control; pengguna dapat menyesuaikan pengaturan pompa lewat smartphone ketimbang harus mengutak-atik tombol pada perangkat yang sudah terselip di dalam bra.

Elvie Pump mengemas baterai rechargeable yang bisa diisi ulang via USB, tapi sayang estimasi daya tahannya tidak disebutkan. Rencananya perangkat ini akan dipasarkan seharga $479 untuk paket berisi dua unit. Harganya sama persis seperti Willow, tapi sekali lagi tanpa ongkos ekstra untuk kantong plastiknya.

Sumber: Engadget.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter